PASPENDIDIKAN

Itenas Resmikan Science Techno Park Dan Smart Classroom

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi dan juga dalam rangka memperingati Dies Natalis 50 tahun, Itenas membangun dua fasilitas baru yaitu Science Techno Park dan Smart Classroom yang diresmikan pagi tadi, Selasa, 30 Agustus 2022, di Gedung Student Center Itenas oleh Rektor Itenas, Prof. Meilinda Nurbanasari Ph.D., bersama dengan Ketua APTISI Jawa Barat, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom.

Peresmian tersebut dihadiri oleh pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Dr. Jatti Indriati, SH., M.Si (Analis Kebijakan Ahli Madya Pelayanan Dasar Biro Kesra), Prof. Dr. H. Purwadhi, M.Pd. (Ketua Pergubi DPD Jawa Barat), Prof. Dr. Endang Komara, M.Si (Ketua Paguyuban Profesor LLDIKTI Wilayah IV), Ir. Teguh Prasetya, MWP., M.T. (Direktur Utama PT. Alita Praya Mitra), Ir. Ita Yulita (Founder dan Komisaris Utama PT. Alita Praya Mitra), Para Pimpinan Perguruan Tinggi dan Mahasiswa.

Prof. Meilinda Nurbanasari Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa  Science Techno Park memiliki fungsi untuk mejembatani hasil karya dan inovasi dosen dan mahasiswa dengan pihak luar sehingga terbentuk suatu ekosistem antara akademisi dengan pemerintah, pebisnis dan masyarakat. Ia menuturkan, sebelum adanya Science Techno Park, karya yang dihasilkan para dosen dan mahasiwa tersebut hanya tersimpan layaknya arsip tanpa diperlihatkan ke masyarakat luas. Sehingga karya tersebut tak diketahui dan hanya dikonsumsi oleh internal di Itenas, padahal karya-karya tersebut memiliki nilai manfaat tinggi jika diketahui dan digunakan oleh masyarakat.

“Padahal kita lihat potensinya sangat besar untuk diimplementasikan, diberdayakan di masyarakat. Sehingga dengan adanya Science Techno Park bisa menjadi tempat atau wadah co-working space sehingga di situ bisa menjadi wahana antara dosen atau mahasiswa dengan pihak luar dalam rangka implementasikan penggunaan produk-produk. Sebagai etalase karya-karya,” jelasnya.

Smart Classroom Menjadi Fasilitas Baru

Fasilitas terbaru lainnya yang dihadirkan Itenas, ialah Smart Classroom. Prof. Meilinda mengatakan hadirnya Smart Classroom disebabkan kondisi pandemi dan era digital yang mengharuskan perguruan tinggi mampu melakukan proses pembelajaran secara hybrid dengan didukung teknologi.

“Kami sudah menyiapkan seperangkat alat proses pembelajaran dengan teknologi terkini yang diharapkan proses pembelajaran interaktif ini bisa memberikan kualitas yang sama dengan proses pembelajaran secara luring.”

Sementara itu, Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya, mengatakan smart classroom merupakan tahapan utama menuju smart kampus yang dihadirkan Itenas. Dia menyebut Itenas menjadi pioner perguruan tinggi swasta dan kini mendapatkan Akreditasi Unggul dengan adanya smart classroom.

“Kami berharap mudah-mudahan peluncuran daripada Science Techno park dan Smart Classroom akan membuka inovasi lebih luas dan mempercepat langkah Industrialisasi dari riset yang telah dilakukan Itenas”,tambah Ir. Teguh Prasetya, MWP., M.T. (*/Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

3 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

4 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

5 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

6 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

7 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

8 jam ago