HEADLINE

Percepat Akreditasi Unggul Kampus Sumut Ini Pilih Kerjasama dengan Unpas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMUntuk mengejar akreditasi unggul, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) pilih kerjasama dengan Universitas Pasundan, salah satunya dengan Pascasarjana Unpas.

“Hari ini Universitas Islam Sumatera Utara (IUISU) bekerjasama dengan Universitas Pasundan (Unpas) dan siang ini kami juga bekerjasama dengan Pascasarjana Unpas. Ini sebagai upaya mempercepat peningkatan studi lanjut dosen yang saat ini dosen S2 di UISU masih 18,7 persen, dan dalam rangka untuk menjadi universitas dengan akreditasi unggul maka jumlah dosen S3 atau doktor itu harus 30 persen. karena itulah maka harus dilakukan percepatan,” ujar Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaludin,M.AP, yang ditemui usai penandatangan naskah kerjasama antara Pascasarjana Unpas dengan Fakultas Ekonomi UISU, di Aula Mandalasaba Pascasarjana Unpas, Jalan Sumatera 41 Bandung, Rabu (7/9/2022).

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaludin,M.AP, (foto : tie/pasjabar)

Ia menambahkan jika kejasama tersebut merupakan salah satu strategi yang dilakukan kampusnya dengan menjalin kerjasama dengan pascasarjana Unpas.

“Sehingga dengan kerjasama ini bisa mnejadi media agar dosen kita bisa mengambil studi lebih lanjut,” ungkapnya.

Lebih lanjut diungkapkannya jika kerjasam yang sama dilakukan UISU dengan beberapa kampus yang ada di Bandung dan Jogjakarta. “Jadi setelah kerjasama dengan beberapa kampus ini bisa menjadi pendorong bagi dosen kita mau memilih studi dimana, walaupun memang sebetulnya di Medan juga ada Universitas Sumatera Utara,” tuturnya.

Foto bersama rombongan UISU bersama dengan jajaran akademisi Pascasarjana Unpas. (Foto : tie/Pasjabar)

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi UISU Dr. Hj. Safarida, SE.,M.SI mengatakan jika pihaknya berharap kerjasama tersebut bisa disepakati, sehingga bisa segera melakukan percepatan dikampusnya.

“Kami juga berharap dalam kerjasama ini ada juga berkolaborasi tentang visiting profesor dari Korea yang sama dengan Unpas dari kampus Korea, sehingga kami juga berkesempatan dapat memanggil visitin profesor di Pascasarjana Unpas ke UISU,” tambahnya.

Selain itu juga dirinya berharap mahasiawa MM UISU bisa melakukan studi banding ke Pascasarjana Unpas dan juga melakukan campaper bersama mahasiswa program doktor di Pascasarjana Unpas.

Selain kerjasama akademis, UISU sendiri melakukan kunjungan ke beberapa fasilitas di Unpas selama dua hari yang diikuti oleh 16 orang dosen dan jajaran rektoran UISU.

Sementara itu Direktur Pascasarjana Unpas, Prof Dr, H.M Didi Turmudzi M.Si mengungkapkan jika pihaknya menyambut baik kerjasama akdemis dengan UISU itu.

Direktur Pascasarjana Unpas, Prof Dr, H.M Didi Turmudzi M.Si. (Foto : tie/Pasjabar)

“Kami berharap kerjasama ini akan saling membesarkan dan meningkatkan kualitas Perguruan tinggi masing -masing, sehingga dua universitas ini menjadi kampus yang membanggakan di Indonesia,” paparnya ditempat yang sama.

Prof Didi juga mengarakan jika kerjasama tersebut menjadi bagian dari kewajiban dalam upaya saling membantu kampus. “Karena baik UNPAS dan UISU memiliki kualitas dan potensi yang memiliki nilai tambah dan ini harus dimanfaatkan bersama untuk kemajuan bersama,” katanya. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Menyongsong Pemilu 2024: MAFINDO Latih Lansia Melawan Hoaks dan Penipuan Digital

BOGOR, WWW.PASJABAR.COM-- Sebanyak 110 lansia mengikuti Pelatihan Akademi Digital Lansia Tular Nalar Mafindo yang diselenggarakan…

29 menit ago

Ungkapan Pelatih dan Pemain Persija Usai Digasak Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persija Jakarta harus menelan kecewa. Sebab, tim berjuluk 'Macan Kemayoran' itu kalah…

43 menit ago

Giring Ganesha Rilis EP “Serigala” Emosi Mendalam Dalam Tiga Single

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM-- Giring Ganesha meluncurkan EP terbarunya berjudul "Serigala", yang terdiri dari tiga single yang…

1 jam ago

Prof. Eddy Soeryanto Soegoto Resmi Dilantik Sebagai Ketua APTISI Provinsi Jawa Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Pusat, Dr. Ir. H. M.…

1 jam ago

Reaksi Bojan Hodak Usai Persib Hancurkan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung memuaskan hasrat Bobotoh usai mengalahkan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga…

2 jam ago

KPU Jawa Barat Umumkan Nomor Urut, Empat Paslon Cagub Siapkan Strategi Terbaik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jawa Barat secara resmi menetapkan nomor urut…

3 jam ago