PASKESEHATAN

Mau Olahraga Tapi Malas Keluar, 6 Olahraga Ini Bisa Dilakukan Di Rumah

Bandung, WWW.PASJABAR.COMOlahraga adalah salah satu car akita untuk menjaga Kesehatan dan kebugaran tubuh.

Seiring dengan berkembangnya zaman kini olahraga-pun kian beragam jenisnya. Salah satunya yang bisa dilakukan di rumah.

Kalian perlu tau, olahraga yang bisa dilakukan di rumah tidak membutuhkan banyak modal dan dapat dilakukan setiap saat loh.

Hanya dengan bermodalkan jaringan internet kita dapat melakukan streaming tentang tutorial-tutorial yang terdapat dalam internet.

Terlebih di masa pandemi seperti saat ini sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuh kita.

Lalu apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah? Yuk simak beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah dari berbagai sumber.

  1. Keseimbangan Tubuh

Jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah yang pertama adalah latihan keseimbangan tubuh, manfaat dari melakukan ini adalah memperbaiki postur tubuh, melatih koordinasi tubuh yang baik dan juga melatih keseimbangan untuk menghindari resiko terjatuh. Anda dapat memanfaatkan kursi, bola maupun benda-benda yang ada disekitar anda.

  1. Jogging

Olahraga jenis ini termasuk yang paling mudah untuk dilakukan, anda dapat memanfaatkan jogging track maupun halaman rumah anda untuk melakukan jogging. Seperti yang kita ketahui bahwa jogging juga bermanfaat membakar lemak dan kalori yang terdapat di dalam tubuh kita.

ADVERTISEMENT
  1. Lompat Tali atau Skipping

Selain jogging bersepeda juga dapat menjadi solusi yang tepat bagi anda yang ingin mencapai berat badan ideal, anda dapat bersepeda mengelilingi daerah tempat tinggal anda. Setidaknya tubuh anda berkeringat.

Senam dan Angkat Beban

  1. Senam Aerobik

Jenis olahraga yang keempat adalah senam aerobik, ini mengharuskan seluruh bagian tubuh kita untuk bergerak. Manfaatnya adalah seluruh bagian sendi dan tubuh yang lain akan mengalami peremajaan karena digunakan secara bersamaan, anda dapat menghadiri kelas daring senam aeorobik maupun melakukan streaming video untuk membantu anda dalam praktiknya.

  1. Yoga & meditasi

Jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah selanjutnya adalah yoga & meditasi. Untuk memulai olahraga yoga, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu mencoba mencari sumber bahan belajar sendiri ataupun mengikuti kelas yoga secara online. Untuk para pemula, yoga lebih pada pelatihan postur dan teknik bernafas, sehingga tidak perlu mencoba gerakan yang terlalu rumit dahulu. Supaya aman melakukan yoga di rumah, ada baiknya mendapatkan bimbingan secara daring atau ikut kelas pemula.

  1. Angkat beban

    Bagi anda yang ingin secara spesifik membentuk otot pada bagian tertentu, anda dapat mencoba olahraga satu ini. Dengan menggunakan alat bantu dumbel atau barbel anda dapat membuat otot pada bagian lengan anda menjadi lebih berisi.

Pasalnya pada beberapa penelitian dikemukakan bahwa memiliki bentuk tubuh yang ideal dapat meningkatkan faktor kepercayaan diri.

Berikut adalah referensi 6 olahraga yang bisa dilakukan dari rumah. Semoga dapat dijadikan sebagai referensi bagi anda yang ingin memulai untuk berolahraga dan hidup sehat di rumah masing-masing. (Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

14 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

37 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago