PASKESEHATAN

Dinkes Kota Bandung Kawal UHC Wujudkan Bandung Jagjag Waringkas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemkot Bandung melalui Dinkes Kota Bandung terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal kepada warganya termasuk dalam fasilitas kesehatan.

Hingga saat ini tercatat 98,04 persen penduduk Kota Bandung terdaftar dalam Cakupan kesehatan Semesta atau Universal Health Care (UHC).

UHC adalah sistem perawatan dan pelayanan kesehatan untuk menjamin semua penduduk di suatu negara atau wilayah tertentu memiliki akses dalam mendapatkan layanan kesehatan.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Bandung, dr. Sri Erna Sitepu MH.Kes mengungkapkan, UHC memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan status kesehatan warga Bandung.

“Di Kota Bandung, UHC ini memiliki nama lain Jagjag Waringkas, dimana kami juga terus mendorong wargi Bandung untuk memiliki asuransi kesehatan,” ujarnya yang dikutip dari bandung.go.id pada Jumat (16/9/2022).

Sedangkan Subkoordinator Jaminan, Pembiayaan, dan Regulasi Kesehatan (JPRK) Dinkes Kota Bandung, Rachmawati SH, MM. mengatakan, saat ini sudah ada 33 Rumah Sakit yang berafiliasi dengan JKN atau BPJS, sehingga masyarakat mudah dalam mengakses asuransi kesehatannya.

“Kami juga gencar melakukan sosialiasi baik melalui media elektronik, media online ataupun langsung terkait UHC, dan respon masyarakat pun positif terbukti ada 3000 hingga 4000 penduduk Kota Bandung yang mendaftar setiap bulannya,” katanya.

Rachmawati pun mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri pada asuransi kesehatan.

“Penting sekali warga Bandung memiliki asuransi kesehatan untuk sebagai tindakan preventif jika sakit. Ada layanan kesehatan dan mendapatkan jaminan pembiayaan, sehingga kita menjadi lebih tenang,” jelasnya.

“Bagi yang belum daftar, mari mendaftar syaratnya mudah KTP dan KK Kota Bandung. Kalau sudah daftar, kesehatan pun lebih terjamin dan kita bersama-sama mewujudkan Bandung yang jagjag waringkas,” pungkasnya. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

16 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

53 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

1 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

3 jam ago