PASNUSANTARA

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Akan Diguyur Hujan Ringan

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COM – Prakiraan cuaca Kota Bandung pada hari Senin (19/09/2022) diprakirakan akan di guyur hujan dengan intensitas yang ringan.

Dilansir dari Antara News, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia cerah berawan, Senin.

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id di Jakarta, Prakiraan cuaca untuk kota besar di Pulau Sumatera, seperti Kota Banda Aceh dan Kota Bandar Lampung diprediksi cerah berawan dan Kota Medan berkabut.

Kota Padang, Bengkulu, Palembang dan Pangkal Pinang diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai hujan berintensitas sedang hingga deras di Kota Tanjungpinang dan Jambi.

Beralih ke Pulau Jawa, cuaca di Jakarta diperkirakan cerah Berawan, Kota Serang dan Kota Semarang diperkirakan berawan.

Yogyakarta diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan, Sedangkan Kota Surabaya diperkirakan cerah.

Untuk wilayah Kalimantan, Kota Pontianak, Kota Palangkaraya, Kota Tanjung Selor, dan Kota Samarinda diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Masyarakat di sekitar Kota Banjarmasin waspadai hujan yang disertai petir.

Situasi cuaca Pulau Bali dan Nusa Tenggara secara umum berawan, di antaranya di Kota Denpasar dan Kota Kupang. Sedangkan Kota Mataram diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan. Kondisi cuaca di Pulau Sulawesi, diperkirakan berawan, di antaranya Kota Manado, Gorontalo, dan Kota Makassar. Sedangkan Kota Kendari, Mamuju dan Kota Palu diprediksi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Untuk wilayah Maluku dan Papua, Kota Ternate, Kota Ambon dan Kota Manokwari diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan, Sedangkan untuk kota Jayapura prediksi berawan.

Terdapat Sirkulasi Siklonik di Samudera Hindia Barat

Sementara itu, hasil analisa BMKG terdapat sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat, Sumatera Barat, hingga Bengkulu.

Situasi itu membentuk daerah konvergensi yang memicu pertumbuhan awan hujan di sekitar kawasan yang dilalui.

Suhu rata-rata di kawasan perkotaan berkisar mulai dari 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan mencapai 50 hingga 100 persen.

Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut potensi bencana hidrometeorologi meningkat pada bulan Juli hingga September 2022.

“Potensi bencana juga semakin meningkat pada periode Juli, Agustus dan mungkin awal September nanti kita akan ada pergeseran, di mana pada waktu yang bersamaan kita akan mengalami baik itu hidrometeorologi basah, banjir banjir bandang tanah longsor, sekaligus juga hidrometeorologi kering, kebakaran hutan dan kekeringan,” ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam disaster briefing daring diikuti di Jakarta, Senin.

Potensi tersebut, kata Abdul, sudah mulai terlihat dari dari data BNPB pada 18-24 Juli 2022. Dia menjelaskan jika di minggu sebelumnya frekuensi banjir masih lebih besar daripada kebakaran hutan kekeringan, justru di minggu ini mulai bergeser dengan frekuensi kejadian kebakaran hutan lebih sering daripada banjir.

Masyarakat diminta tetap siaga dan waspada di daerah-daerah yang rawan kebakaran hutan, juga pada daerah-daerah yang rawan banjir.

BNPB secara frekuentatif atau secara berkala mengirimkan pesan-pesan kesiapsiagaan peringatan dini dan upaya-upaya mitigasi yang harus dilakukan kepada pemerintah daerah.

Namun Abdul mengatakan hal yang paling penting sebenarnya adalah kesiapsiagaan masyarakat. Misalnya pada masyarakat yang berada di sepanjang aliran sungai, atau masyarakat yang bertempat tinggal di daerah-daerah yang dekat dengan tebing dengan kecuraman yang tinggi. (Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

15 menit ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

1 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

1 jam ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

3 jam ago