PASKESEHATAN

Obat Alami dan Medis Untuk Mengatasi Masuk Angin

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Masuk angin bukanlah suatu penyakit, melainkan istilah umum di masyarakat yang mengacu pada berbagai gejala. Seperti perut kembung, pegal-pegal, menggigil, nyeri otot, tidak enak badan, mual, muntah, dan sendawa terus-menerus.

Kebanyakan orang mengaitkan penyebab masuk angin dengan kedinginan. Meski begitu, masalah di organ pencernaan, misalnya akibat telat makan atau diare, juga bisa menimbulkan gejala masuk angin.

Supaya gejalanya cepat mereda, ada beberapa obat alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masuk angin yang dilansir dari ALODOKTER pada Senin (26/9/2022):

1. Air rebusan jahe

Jahe telah digunakan sebagai obat masuk angin sejak dahulu kala. Herba ini dapat mengatasi mual, muntah, meriang, batuk, atau sakit tenggorokan yang dialami ketika masuk angin. Untuk mengonsumsinya, cukup rebus air dan jahe yang sudah digeprek, lalu minum selagi hangat.

2. Madu

Madu dipercaya memiliki kandungan antibakteri dan antiradang yang baik untuk meredakan masuk angin. Beberapa penelitian menyatakan bahwa madu dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan dan batuk yang biasanya dialami saat masuk angin.

Cara memanfaatkan madu untuk obat masuk angin pun sangat mudah, Anda dapat mencampur madu dengan teh hangat atau air rebusan jahe. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengonsumsi 1 sendok makan madu secara langsung.

3. Sup hangat

Sup yang dinikmati saat hangat juga bisa menjadi pilihan obat alami untuk masuk angin. Pasalnya, sensasi hangat dan uap yang dihasilkan dari sup bisa meredakan hidung tersumbat, bahkan melegakan tenggorokan yang gatal atau sakit.

4. Vitamin C

Mengonsumsi suplemen vitamin C atau makanan kaya akan vitamin C juga mampu meredakan gejala masuk angin. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C tinggi meliputi jambu biji, jeruk, bayam, maupun brokoli.

Meski vitamin C bukanlah pengobatan utama untuk mengatasi infeksi, tapi vitamin C dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit dan mempercepat penyembuhan berkat sifat antioksidan yang dimilikinya.

Selain obat masuk angin yang alami, obat-obatan medis juga bisa menjadi pilihan pengobatan ketika pengobatan alami tidak mampu meredakan gejala. Berbagai obat medis yang dimaksud meliputi:

Obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen, dapat Anda gunakan sebagai obat masuk angin. Penggunaannya bisa meredakan gejala meriang, demam, sakit kepala, dan nyeri otot. (ran)

 

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Korban Longsor Tambang Ilegal Solok Bertambah Jadi 15 Orang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Korban longsor tambang illegal Solok bertambah menjadi 15 orang. Hal tersebut diungkapkan…

7 menit ago

Fokus Hadapi Yaman Indonesia Kejar Posisi Puncak Grup F

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Timnas Indonesia harus tetap fokus untuk menghadapi Yaman, dilaga pamungkas Kualifikasi Piala…

2 jam ago

Pesawat Singapura Scoot Airlines Mendarat Perdana di BIJB Kertajati

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pesawat Singapura Scoot Airline mendarat perdana di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)…

2 jam ago

Lulinha Buyarkan Kemenangan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung hanya bermain 2-2 saat melawan Madura United dalam lanjutan Liga…

3 jam ago

Marc Marquez Keluhkan Ban Baru Penyebab Dirinya Terjatuh 2 Kali Dalam Sesi Kualifikasi GP Mandalika

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Melalui akun Instagram @marcmarquez93 menulis keluhannya terhadap performa ban baru yang digunakan…

4 jam ago

Ciro Alves Ungkap Beratnya Hadapi Madura United

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ciro Alves sebut Madura United akan jadi lawan berat bagi Persib Bandung…

4 jam ago