HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Manajemen Unpas Kiki Gumelar Analisis Strategi Inovasi Produk

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor   Ilmu Manajemen Kiki Gumelar, Senin (26/9/2022).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung ini diketuai oleh rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan berjudul Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Pemasaran Melalui Inovasi Produk Guna Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada PT. Tama Cokelat Indonesia di Kabupaten Garut).

Tim promotor diketuai oleh Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU. dan Dr. H. Undang Juju, SE., MP. sebagai Co Promotor.

Turut hadir dalam kegiatan ini
aktor, pelawak sekaligus Wakil Bupati Garut 2009-2011, Dicky Candra.

Kiki memaparkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan strategi peningkatan kinerja pemasaran melalui inovasi produk dan hubungannya dengan strategi dan langkah langkah yang dilakukan atas produk PT Tama Cokelat Indonesia dengan mengoptinalkan kreativitas sumber daya manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dari atau teknologi dilakukan secara secara sistematis, terstruktur dan berkelanjutan.

“Penelitian berfokus pada studi single case di PT Tama Cokelat Indonesia dengan perbandingan multistage antara dua produk yaitu Chocodot dan Gumsberry yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif,” tuturnya

Kiki melanjutkan bahwa dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu strategi keunggulan bersaing saat ini pada PT Tama Cokelat Indonesia sangat baik dan berhasil ketika produk Chocodot diluncurkan karena memiliki keunggulan produk dengan kemasan yang unik serta kualitas produk yang diakui secara formal.

“Keunggulan produk ini mampu dipromosikan dengan maksimal baik melaiui media online maupun secara offline selanjutnya kinerja strategi keunggulan bersaing Chocodot mampu meningkatkan kinerja hal Ini terbukti dan tingkat kenaikan produksi dan omzet sampat dengan tahun 2016 diatas 100% pada tahun 2015 mencapai 300% sedangkan tahun 2019 sampai dengan 2021 menurun tajam sebagai akibat terjadinya pandemi Covid 19 terhadap industri pariwisata,” paparnya.

Ia mengatakan bahwa implementasi penciptaan produk diawali dengan melakukan sebuah research atas kinerja produk existing untuk dievaluasi.

“Di samping itu hambatan-hambatan yang dialami saat ini pada PT Tama Cokelat Indonesia adalah dari sisi faktor internal yaitu kemampuan menpower existing, dan faktor kebijakan pemerintah terkait izin edar,” ungkapnya.

Pada akhirnya, sambung Kiki, kinerja penjualan Chocodot sebelum di ciptakan produk Gumsberry terus mengalami kenaikan contohnya tahun 2013 jumlah penjualan sebesar 67.988 pcs senilai Rp 1.572.441.845 atau naik sebesar 306% dar omzet tahun sebelumnya kemudian pada tahun 2014 jumlah penjualan sebesar 120.366 pcs atau senilai Rp 3.763.395.900 mengalami peningkatan sebesar 239% dibanding tahun sebelumnya, pada tahun 2016 kinerja penjualan perusahaan melalui Chocodot saja hanya mencapai Rp 5.909.961.182.

“Setelah produk Gumsberry diluncurkan secara presentasi kenaikan penjualan Chocodot mengalami penurunan sebesar 20% dari 131% menjadi 115% namun dari sisi pendapatan perusahaan mengalami kenaikan sebesar 145% ,” tandasnya.

Hasil dari sidang ini, Kiki Gumelar pun dinyatakan lulus dengan IPK 3,70 dan hasil yudisium sangat memuaskan.

Kiki yang saat ini menjabat sebagai
Direktur PT. Tama Cokelat Indonesia di Kabupaten Garut pun mengaku senang selama menempuh pendidikan S3 di Unpas.

“Senang dapat menempuh studi S3 di Unpas, kampus yang kental dengan kesundaannya.. semoga ke depan Unpas bisa semakin maju,” harapnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

5 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

6 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

7 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

8 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

9 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

10 jam ago