PASNUSANTARA

Respons Ketum PSSI Soal Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang menghadirkan babak baru, enam orang ditetapkan sebagai tersangka.

Seperti diketahui, insiden mengerikan ini menewaskan banyak orang. Total, sudah ada 131 orang yang dinyatakan meninggal akibat peristiwa ini.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun mengumumkan ada enam orang yang dijadikan tersangka dalam tragedi Kanjuruhan. Salah satunya adalah Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita. Sedangkan kelima orang lainnya mulai dari polisi hingga panpel.

Pengumuman itu tidak terlepas dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab Jokowi meminta tragedi kemanusiaan itu diusut hingga tuntas.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menghormati proses hukum yang sedang dilakukan Polri.

“Saya sudah mendengar tentang itu dan PSSI menghormati penetapan tersangka yang baru saja dibacakan Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo,” kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (7/10/2022).

Iriawan sendiri sudah mengunjungi Stadion Kanjuruhan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun sudah menemui beberapa keluarga korban untuk menyampaikan ungkapan dukacita dan memberikan santunan.

Tragedi Kanjuruhan sendiri terjadi pada Sabtu (1/10/2022) malam. Saat itu, laga Arema FC vs Persebaya Surabaya baru saja usai.

Begitu peluit panjang ditiup wasit, banyak penonton dari tribun turun ke lapangan. Aksi ini kemudian berakhir dengan penghalauan yang dilakukan petugas keamanan.

Namun polisi melepas tembakan gas air mata ke sejumlah arah. Akibatnya, banyak Aremania yang terjebak di tribun stadion.

Mereka sempat berusaha melarikan diri melalui pintu keluar. Namun pintu keluar terkunci yang membuat mereka akhirnya terkurung hingga banyak yang meregang nyawa akibat berdesakan dan sesak napas. (ars)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

21 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

58 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

1 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

3 jam ago