Pengwil Jabar IPPAT Gandeng KSP Tuntaskan Masalah Pertanahan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Pengurus Wilayah Jawa Barat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) berkolaborasi dengan FH Universitas Parahyangan dan FH Universitas Padjajaran menggelar “Talkshow Interaktif Hantaru 2022” pada Jum’at  (14/10/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Kampus Unpar, Jalan Ciumbuleuit No 94 Kota Bandung ini bertema “Permasalahan Pertanahan, Perizinan, Perpajakan dan Pendidikan serta alternatif penyelesaiannya” dengan menghadirkan langsung Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P.

Turut memberikan tanggapan Kementerian ATR/BPN, Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian Dalam Negeri dan Direktorat Jenderal Pajak.

Di samping itu, ada pula Gratis Coaching Clinic untuk bidang perijinan yang akan dilayani oleh tim dari Kementerian Investasi/BKKPM.

Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P.  menyampaikan bahwa saat ini,  dunia tengah mengalami masalah krusial, di mana tengah mengalami krisis energi, pangan dan keuangan global.

“Saat ini sedang menuju resesi dunia, untuk Indonesia walaupun memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik, dan inflasi rendah dibandingkan negara lain, tapi kita tetap harus waspada,” tuturnya.

Kewaspadaan ini dilakukan dengan melakukan berbagai cara seperti menggerakkan investasi, pembangunan infrastruktur, memperbaiki regulasi melalui omnibus law.

“Hal yang tak kalah penting adalah reformasi birokrasi agar memberikan layanan tercepat dan terakhir transformasi ekonomi,” imbuhnya.

Saat ini KSP juga terus melakukan fungsinya yaitu
melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional, mengelola isu strategis serta melakukan komunikasi politik dan publik.

“KSP membuka peluang untuk menyelesaikan masalah publik khususnya masalah prioritas, sehingga di situasi seperti ini, ada ketidaknyamanan dan ketidakpastian, kita tidak usah khawatir, sebab pemerintah konsen dalam mengatasinya,” ungkapnya.

Di samping itu, Moeldoko mengatakan bahwa pihaknya telah mempunyai satgas antimafia agar masalah yang ada dapat tertangani, serta melakukan penyiapan digitalisasi dalam pertanahan agar menjadi lebih mudah.

“Saya juga mengapresiasi Pengwil Jawa Barat IPPAT yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, hasil dari diskusinya akan kami follow up,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Jawa Barat Periode 2021-2024, Osye Anggandari, S.H menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi ruang diskusi untuk memecahkan permasalahan secara bersama-sama.

“IPPAT selalu menjaga hubungan baik dengan pengurus atau instansi baik  di Kota maupun kabupaten, berupaya mengentaskan masalah bersama-sama, musyawarah tanpa saling menyudutkan dan menyalahkan,” ujarnya.

Adapun terkait Talkshow Interaktif Hantaru 2022 yang berkolaborasi dengan KSP, sambung Osye  bukan untuk mengadukan tapi ruang komunikasi.

“Bincang bersama KSP ini juga untuk mengupas terkait masalah-masalah yang ada saat ini, di mana memang KSP tidak fokus pada kasus perorangan melainkan kasus komunitas atau yang melibatkan lebih banyak orang,” ucapnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Pembangunan Exit Tol Sementara KM 149 Gedebage Dikebut, Target Selesai Akhir 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pembangunan exit tol sementara di KM 149 Gedebage diperkirakan akan selesai pada…

15 menit ago

Cloud Kitchen Sagala Group Surga Pecinta Ayam Geprek dan Chicken Wings

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Sagala Group, operator cloud kitchen asal Bandung, terus berinovasi dalam industri kuliner dengan…

29 menit ago

Bandung Bangun TPST Berteknologi RDF di Gedebage, Atasi 390 Ton Sampah per Hari

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat…

1 jam ago

Aktris dan Politikus Marissa Haque Tutup Usia, Ini Pesan Terakhirnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kabar duka menyelimuti dunia hiburan tanah air, aktris senior yang juga aktif…

2 jam ago

4 Modal Persib Hadapi Zhejiang FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akan menghadapi Zhejiang FC dalam pertandingan kedua Grup F AFC…

3 jam ago

Skuad Mahal Zhejiang FC, Ada Pemain Seharga Rp60 Miliar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Perjalanan Persib Bandung di Grup F AFC Champions League Two (ACL 2) akan berlanjut.…

4 jam ago