HEADLINE

DIS 26 Pascasarjana Unpas Studi Banding ke Pascasarjana UGM

ADVERTISEMENT

*)Kolaborasi Penelitian Dan Riset Dengan Pascasarjana UGM

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMDoktor Ilmu Sosial angkatan 26, Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) melakukan studi banding ke Pascasarjana Universitas Gajah Mada (UGM), sekaligus melakukan kerjasama dengan Prodi Doktor kepemimpinan dan inovasi kebijakan serta ke doktor manajemen kebijakan publik UGM, Senin (24/22/2022).

Kerjasama tersebut yakni dalam mengembangkan riset dan penelitian ilmu Administrasi Publik dari kedua belah pihak.

Dalam studi banding yang diikuti 17 mahasiswa S3 Pascasarjana Unpas Prodi DIS angkatan 26, turut serta Wakil direktur 1 Pasca Unpas, Prof. Bambang Heru, Wadir 2,  Heri Erlangga, ketua Prodi Doktor Ilmu Sosial, Prof. Soleh Suryadi, sekretaris Prodi Dr. Thomas Bustomi, serta para dosen Prof. Kamal Alamsyah, Dr. Yaya Mukyana,  Dr. Iwan Satibi,  Dr. Taqwaty, Dr. Lia Muliawaty,  Kesekretariatan Agus Gumilar.

Doktor Ilmu Sosial angkatan 26, Pascasarjana Universitas Pasundan studi banding ke UGM, Senin (24/10/2022). (Foto : jbe/Pastv)

Selain itu, dilakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadja Mada, mengadakan diskusi isu isu tentang desertasi Ilmu Sosial serta pembuatan jurnal Internasional.

Menurut Wakil Direktur 1, Prof. Bambang Heru, dalam kunjungan ini, banyak yang dapat kita ambil yang bermanfaat, beberapa sistem perkuliahan yang dapat bisa diterapkan disistem perkuliahan Pascasarjana Unpas.

“Tentunya baik pihak Pascasarjana UGM maupun Unpas akan terus berkolaborasi dalam sistem perkuliahan yang diterapkan dari kedua Universitas ini, kami pasti telah mendapat manfaat dari kunjungan ini,” jelas Bambang.

Doktor Ilmu Sosial angkatan 26, Pascasarjana Universitas Pasundan studi banding ke UGM, Senin (24/10/2022). (Foto : jbe/Pastv)

Sementara Ketua Prodi Doktor Ilmu Sosial Pascasarjana Unpas, Prof. Soleh Suryadi, menjelaskan, hasil kunjungan sangat bermakna, pertama menguatkan bahwa kita selaras dengan perguruan tinggi lain. “Bahkan tahapan, proses penyelesaikan studi S3, antara lain ada martukulasi, perkuliah terstruktur, ada proses  pembimbingan, ada tahapan ujian, seminiar usulan penelitian, ” jelasnya.

Doktor Ilmu Sosial angkatan 26, Pascasarjana Universitas Pasundan studi banding ke UGM, Senin (24/10/2022). (Foto : jbe/Pastv)

Selain itu, ada keselarasan hasil uji tertutup dan terbuka, dan ada keharusan mahasiswa menulis jurnal internasional yang terakreditasi. “Artinya kewajiban mahasiswa berimbang dan sesuai dengan apa yg dilaksanakan di Pascasarjana UGM, yang membedakan hanya namanya saja, ” tegas Prof. Soleh.

Dijelaskannya, hanya sedikit yang membedakan seperti proses pembimbingan di UGM dengan 2  promotor di Pascasarjana Unpas 2 promotor, tetapi  mengunakan penguji dari Guru besar yang sebidang. Perbandingan lain, Pascasarjana Unpas memiliki mata kuliah  ciri khas yakni wawasan kesundaan. (Jbe)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Dimas Drajad, Idola Baru Bobotoh Persib yang Menggila

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dimas Drajad kini menjelma jadi idola baru bagi Bobotoh Persib. Sebab, penyerang…

9 menit ago

Purwakarta Hadirkan Wisata Literasi, Ajak Anak-Anak Berwisata Tanpa Gawai

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Wisata literasi menjadi salah satu wisata pilihan di Kabupaten Purwakarta. Wisata literasi…

1 jam ago

Persib Pantang Lihat Madura United Sebelah Mata

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akan segera dijamu Madura United dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

3 jam ago

Kepemimpinan Khalifah dalam Islam untuk Memelihara Alam Semesta

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM —…

4 jam ago

Timnas Indonesia U-20 Cukur Maladewa 4 Gol Tanpa Balas

WWW.PASJABAR.COM – Timnas Indonesia U-20 tampil cemerlang dengan mencetak tiga gol indah dalam waktu lima…

15 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

15 jam ago