PASNUSANTARA

Menjawab Tantangan Zaman, FH dan IKANO UNPAD Bangun Kolaborasi dan Luncurkan Buku

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Fakultas Hukum Unpad, Pusat Studi Cyber Law & Transformasi Digital Fakultas Hukum Unpad dan IKANO UNPAD menggelar penandatangan perjanjian kerja sama sekaligus meluncurkan empat buku.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin (24/10/2022) di Aula Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung.

Ke empat buku yang diluncurkan tersebut diantaranya “Hukum Sebagai Infrastruktur Transformasi Indonesia” karya Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH, MH, FCB.Arb. dan Dr. Tasya Safiranita, SH.MH.;

Buku ke dua yaitu “Rahasia Dagang” karya Dr. Ranti Fauza Mayana, SH, dan Tisni Santika, SH, MH.

Buku ke tiga, yaitu “Kompilasi Perjanjian Internasional Aktual di Bidang Kekayaan Intelektual yang diratifikasi oleh Indonesia” karya Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH, MH, FCB.Arb., Dr. Tasya Safiranita, SH.MH dan Reihan Ahmad Millaudy.

Terakhir buku “Lagu-Musik dan Hak Cipta” karya Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH, MEI, FCB.Arb.

Adapun Penandatanganan Perjanjian kerja sama dilakukan oleh FH Unpad bersama BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia).

Dekan Fakultas Hukum UNPAD, Dr. Idris, SH, MA menyampaikan bahwa kerjasama ini diharapkan sebagai upaya untuk meningkatkan SDM menuju Indonesia emas 2045.

“Peluncuran buku ini juga bentuk komitmen dari dosen FH Unpad untuk terus berkarya dan berinovasi sebagai bentuk kontribusi bagi bangsa,” tuturnya.

Adapun Guru Besar Unpad Prof. Dr.Ahmad M. Ramli, SH, MH, FCB.Arb. menyampaikan bahwa buku yang diluncurkan diharapkan dapat turut membangun kapasitas SDM di Indoensia. Di samping itu, sebagai kolaborasi pentahelix antara pemerintah dan perguruan tinggi.

“Buku yang ditulis juga merupakan bentuk respon kami terhadap kebutuhan. Semoga buku yang kami buat dapat bermanfaat, diwariskan dan menjadi khazanah kekayaan intelektual,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, mewakili Gubernur Jawa Barat, Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Kemasyarakatan & SDM dr. Siska Gerfianti, SpDLP., MHKes. Menyampaikan apresiasinya dengan peluncuran empat buku ini.

“Saat ini Pemprov Jawa Barat juga berkomitmen untuk meningkatkan gerakan literasi, terlebih kita akan mengalami bonus demografi, tentu saja kita harus adaptif di tengah disrupsi dan tantangan,” tandasnya.

“Harapan kami semoga buku-buku yang diluncurkan hari ini dapat menyentuh ranah digital, agar membaca buku dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja serta menjangkau anak muda dari berbagai kalangan supaya dapat menambah wawasan mereka,” imbuhya.

Adapun Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Prof. Yasonna. H. Laoly, SH., M.Sc. Ph.D, mengatakan bahwa untuk merespon perkembangan zaman, harus disiapkan SDM yang cakap di era transformasi, oleh karena itu kajian ilmu harus terus dikembangkan, salah satunya melalui buku.

“Buku yang diluncurkan ini semoga dapat turut menjawab masalah dan tantangan zaman, semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan menjadi referensi,” harapnya.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI), H.Bambang Soesatyo S.E.M.B.A pun berharap peluncuran buku ini menjadi sumber informasi dan edukasi yang membangun.

“Saya mengapresiasi FH dan IKANO Unpad atas peluncuran buku ini, memang perlu dikembangkan pola pikir progresif apalagi di era 5.0, kita harus mengembangkan prinsip hukum transformatif, bagaimana hukum bukan hanya untuk menjaga ketertiban saja, tapi juga menjadikan hukum sebagai kekuatan bangsa dalam menghadapi revolusi digital, hal ini yang kita butuhkan agar Indonesia unggul saat dunia memasuki transformasi yang masif,” tandasnya.

Adapun dalam kegiatan ini turut digelar penampilan dan pemutaran Music Video “Cuma Rindu” oleh Nenden Shintawati.

Turut hadir Istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil dan berbagai tokoh baik pejabat pemerintahan, pimpinan universitas, akademisi dan tokoh- tokoh organisasi. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Phil Handy Bakal Latih Tim Nasional Basket Indonesia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM --   Phil Handy bakal latih tim nasional Basket Indonesia. Phil Handy yang…

3 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

5 jam ago

ITB Minta Mahasiswa Penerima Beasiswa Kerja Paruh Waktu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Penerima beasiswa kerja , sepertinya mahasiswa penerima beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB)…

5 jam ago

Lima Pjs Bupati Baru Dilarang Buat Program Baru oleh Gubernur Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lima Pjs Bupati dilarang membuat program baru oleh Pj Gubernur Jabar Bey…

6 jam ago

Polda Jabar Usut Insiden Pengeroyokan Steward oleh Suporter Usai Laga Persib vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Polda Jawa Barat mengonfirmasi adanya insiden penganiayaan yang diduga dilakukan oleh sejumlah…

7 jam ago

Kualifikasi Piala Asia U-20, Timnas Indonesia Siap Tempur di Grup F

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pelatih timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, optimistis bahwa timnya mampu meraih kemenangan…

8 jam ago