HEADLINE

Festival Budaya Gamalapati SMAN 4 Bandung Implementasi Kurikulum Merdeka

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSalah satu bentuk implementasi kurikulum merdeka yakni dengan menumbuhkan kreatifitas siswa, seperti yang dilakukan di SMAN 4 Bandung yakni dengan menggelar festival budaya dengan tema Gamalapati yang diselenggarakan di lingkungan SMAN 4 Bandung, Jalan Gardujati, Kamis (27/10/2022).

“Kami sangat pengapresiasi kegiatan ini, karena ini adalah salah satu implementasi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Selain itu kreasi melalui festival budaya seni siswa seperti ini pun merupakan salah satu wujud dari penerapan pendidikan karakter yang akan mewujudkan generasi unggul yang beriman, berakhlak berilmu dan sehat dan ini adalah salah satu bagian siswa dalam mengapresiasi budaya,” tutur Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah VII Dr. Firman Oktora, yang ditemui usai membuka Kreasi seni SMAN 4 Bandung.

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah VII Dr. Firman Oktora. (Foto : tie/pasjabar)

Dikjelaskannya, siswa SMAN 4 Bandung yang dalam kreasisnya mengangkat tema budaya Bali, bukan berarti tidak mencintai budaya Jawa Barat, namun justru mereka belajar untuk terbiasa dengan keberagaman.

“Dengan begitu mereka akan terbiasa mengapresiasi keberagaman dan mengapresiasi gagasan lewat penampilannya. Dan itu sesuai dengan kurikulum merdeka artinya bahwa apa yang mereka lakukan berdasarkan indisiatif dan kreatifitas sekolah dan siswanya sendiri bukan dasar perintah,” tegasnya.

Ia memaparkan jika kurikulum merdeka memang diterapkan bukan by instraction tapi lebih menumbuhkan kreatifitas, ide dan gagasan siswa di sekolah, “Oleh karenannya silahkan memilih kreasi seperti apa karena siswa dan sekolahlah yang tahu persis bagaimana kondisi sekolahnya, bagaimana yang unik bukan karena diperintah,” tegasnya.

Kepala SMAN 4 Bandung, Teti Ismayati, S.Pd.,M.PKim. (foto : tie/pasjabar)

Hal senada diungkapkan Kepala SMAN 4 Bandung, Teti Ismayati, S.Pd.,M.PKim, jika festival budaya di SMAN 4 Bandung memang selalu mengambil tema daerah berbeda-beda.

“Dan tahun ini siswa memilih mengambil tema Gemalapati yang diambil dari Bahasa Bali yang artinya puncak tertinggi dari suatu kreasi seni, tahun lalu Jawatimuran dan tahun depan mungkin akan berbeda provinsi lagi,” paparnya yang ditemui di tempat yang sama.

Ia menyebutkan jika Festival Budaya 4-12 ini merupakan festival budaya SMAN 4 yang ke 12 dan pihak sekolah sangat mengapresiasi kreasi siswanya itu, apalagi semua ide gagasan dan tema yang memilih adalah siswanya sendiri.

“Kami sangat mendukung kreatifitas siswa ini karena ini sebagai upaya menumbuhkan literasi mereka dalam berbudaya Indonesia apalagi ini diikuti oleh seluruh siswa SMAN 4 bandung dari semua tingkatan. Bukan hanya kreatifitas ini adalah bentuk kolaborasi untuk berbagai bidang. Dalam kurikulum merdeka festival budaya seperti ini adalah upaya untuk membangun profil pelajar Pancasila,” jelasnya.

Festival Budaya 4-12. (foto : tie/pasjabar)

Teti berharap, dengan festival budaya tersebut dapat menumbuhkan karakter peserta didik melalui membudaya gotong royong, kreatifitas, dan kolaborasi.

“Karena mendapatkan Pendidikan itu tidak cukup hanya didalam kelas dan pandai saja, namun menumbuhkan karakter bisa dilakukan dengan cara berkolaborasi seperti ini dan itu salah satu upaya menumbuhkan EQ dan SQ bukan hanya IQ saja,” tutupnya. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

1 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

1 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

2 jam ago

Jawa Timur Tambah Emas PON XXI Aceh – Sumut 2024, Setelah Kalahkan Jawa Barat di Cabor Sepak Bola

WWW.PASJABAR.COM -- Kontingen Jawa Barat bertemu kontingen Jawa Timur di final cabor sepak bola PON…

6 jam ago

Dies Natalis FH Unpad, IKANO Undang AHY Kuliah Umum

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad), Ikatan Keluarga…

8 jam ago

Fakultas Teknik Unpas Terima Penghargaan Pembinaan IKM dari Kab Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Fakultas Teknik Universitas Pasundan (FT Unpas) menerima penghargaan sebagai Stakholder Award bagi…

9 jam ago