PASNUSANTARA

Peringati Maulid Nabi, Yayasan SGG Gelar Lomba Hingga Bazar Nol Rupiah

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, Yayasan Sunan Gunung Geulis menggelar beragam perlombaan hingga bazar nol rupiah dengan mahar surat alfatihah belum lama ini di Taman Bukit Makmur, Kabupaten Sumedang.

Pengurus Yayasan SGG, Iip Saripudin, SH.MM menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan.

“Sebagai umat muslim, tentunya  kita perlu memanfaatkan momentum Maulid Nabi untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya kepada PASJABAR, Senin (31/10/2022).

Tidak hanya bagi generasi tua, sambungnya, melainkan juga generasi muda khususnya anak-anak.

“Ada 4 makna yang diambil dari peringatan maulid Nabi Muhammad saw diantaranya, Pertama, nilai spiritual, bahwa setiap insan muslim akan mampu menumbuhkan dan menambah rasa cinta pada beliau saw. Luapan kegembiraan terhadap kelahiran nabi  merupakan bentuk cerminan rasa cinta dan penghormatan kita terhadap Nabi pembawa rahmat bagi seluruh alam,” ungkapnya.

Pemberian santunan kepada lansia (ist)

Kedua, sambung Iip, nilai moral dapat dipetik dengan menyimak akhlak terpuji dan nasab mulia dalam kisah teladan Nabi Muhammad saw.

Berikutnya, Ketiga, nilai sosial yaitu memuliakan dan memberikan jamuan makanan para tamu, terutama dari golongan fakir miskin yang menghadiri majlis maulid sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta.

Pemberian santunan kepada anak yatim (ist)

“Ke empat, nilai persatuan akan terjalin dengan berkumpul bersama dalam rangka bermaulid dan bershalawat  maupun berdzikir,” imbuhnya.

Menurut Iip, pengungkapan peringatan dapat dilakukan dengan banyak cara, namun makna dan tujuannya sama, yaitu penghormatan dan pemuliaan atas kelahiran junjunan alam Nabi Besar Muhammad SAW, sebagaimana yang dilakukan oleh Yayasan Sunan Gunung Geulis.

Sebagai lembaga Pendidikan, Keagamaan dan Pemberdayaan, yang menaungi Pontren Rumah Al-Quran SGG, YSGG menyelenggarakan peringatan Maulid dengan kegiatan lomba mewarnai bagi anak-anak TK diseluru wilayah Perum Taman Bukit Makmur, yang diikuti oleh 43 Anak.

Lomba penulisan dan mewarnai kaligrafi (ist)

Berikutnya, Lomba Membuat kaligrafi dan mewarnai kaligrafi, yang dikuti oleh lebih dari 60 Anak, Apresiasi anak santri SGG dengan menampilan Dai Cilik, Hapalan Al Qur’an, pembacaan Doa-Doa harian, Solawat Nabi, Pembacaan Puisi, dan menari,  disamping memberikan santunan kepada 23 Anak Yatim Piatu serta 25 para dhuafa dan lansia.

“Ada dua hal yang membedakan peringatan Maulid dari tahun sebelumnya, yang membuat acara lebih meriah dan bergelora, pertama, dalam hal pemberian konsumsi, kami tidak memberi konsumsi yang siap santap tapi kami memberi kupon belanja, sehingga mereka dapat membeli makanan sesuai seleranya disekitar wilayah acara tersebut,  hal ini dilakukan sebagai ikhtiar dan upaya dalam pemberdayaan ekonomi umat,” ulasnya.

Para orang tua menyaksikan anaknya tampil (ist)

Ke dua, sambung Iip yakni  Bazar Nol Rupiah, dengan mahar surat fatihah sebagai syarat wajib dan surat pilihan lainnya untuk membeli kebutuhan pangan layak pakai, sehingga diharapkan mereka mau membaca Al-Quran semoga menjadi berkah untuk kedua belah pihak.

“Pada saat bersamaan juga, diumumkan para juara dalam mewarnai dan menulis kaligrafi bersaling seling dengan penampilan anak-anak,” ungkapnya.

Adapun yang menjadi juara lomba mewarnai untuk anak TK adalah juara I. Muhammad Habibi Alamsyah, Juara II. Mega Hidayatulloh dan Juara III : Syafira Khanza Asyfa.

Suasana bazar nol rupiah cukup dengan alfatihah (ist)

Sedangkan untuk mewarna kaligrafi untuk anak DTA, juara I, Hanif Daanish Elshaarawy, Juara II, Faiz Hilmi dan Juara III, Firman Agus Pratama. Kemudian Juara Kaligrafi, Juara I, Mochammad Hilmy Kurniawan, Juara II, Aurellia Jihan Alifa Triono dan Juara III, Renata Wulan Mei.

“Kami juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingganya kepada seluruh para Aparat Desa, RW dan RT serta para tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, dan seluruh panitia serta seluruh warga yang sudah mensupport dan mendukung acara maulid yang telah dilesenggarakan dengan sukses dan menggema,” ucapnya.

Juara 1 Mewarnai Kaligrafi Tingkat TK, Muhammad Habibi Alamsyah (ist)
Juara 1 : Kaligrafi, Moch.Hilmy Kurniawan (ist)
Juara 1 : mewarnai tingkat DTA, Hanif Daanish Elshaarawy (ist)

“Tidak lupa juga ingin mengucapkan kepada para donatur atau. muwakif yang telah mendarmawakan sebagian hartanya untuk kegiatan peringan maulid Nabi Besar Muhammad SAW. semoga Alloh membalasnya dengan berlipat ganda,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

1 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

2 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

3 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

4 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

5 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

6 jam ago