HEADLINE

Siswa SMA/SMK Pasundan Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik Online

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatihan Jurnalistik Online bagi siswa SMA/SMK Pasundan diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan pada Kamis (24/11/2022).

Peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik online ini terlihat sangat antusias. Mereka telah melakukan registrasi di SMK Pasundan 3 Kota Cimahi sejak dari pukul 07.30 WIB.

Pelatihan dimulai pukul 10.00 WIB dengan pemberian materi mengenai Penulisan Berita Website dan Cetak oleh Yatti Cahyati, S.Sos, Teknik Pengambilan Gambar oleh Jhon Hendra, S.Sos, M.Ikom, Teknik SEO Uploader dan Karakteristik Media Online oleh Andri Herdiansyah, S.Sos, Teknik Editing Video oleh Prihadi Saroso, A.Md dan Teknik Fotografi oleh Darma Legi, S.Sos.

Setelah diberikan materi, para peserta pelatihan langsung melakukan praktek dari materi yang telah diberikan oleh pemateri. Praktek tersebut berlangsung hingga sore. Para peserta terlihat sangat bersemangat melakukan tugasnya. Terakhir, para peserta diberikan evaluasi mengenai tugas yang telah dibuatnya.

Kemudian acara pelatihan jurnalistik online bagi siswa SMA/SMK Pasundan ini ditutup oleh Kepala SMK Pasundan 3 Kota Cimahi, Subaryo, S.Pd., M.Pd.

“Saya atas nama yayasan menyampaikan terima kasih kepada semuanya, dengan berakhirnya kegiatan ini mari sama-sama mengucapkan hamdalah,” tutupnya.

Pelatihan Jurnalistik Online untuk Bangun Kualitas Lulusan Pasundan

Diketahui, pelatihan tersebut digelar untuk membangun kualitas calon lulusan siswa SMA/SMK Pasundan. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua YPDM Pasundan Dr. Dadang Mulyana M.Si.

“Sekali pun di sekolah mereka secara formal sudah dapat banyak pengetahuan, banyak keterampilan dan pendidikan karakter, tapi kami berharap ada sisi-sisi lain yang tidak kalah pentingnya untuk bekal hidup mereka, yaitu pengetahuan dan keterampilan jurnalistik,” katanya.

“Oleh karena itu, hari ini YPDM Pasundan bekerja sama dengan Pas Jabar dan Pas TV menyelenggarakan pelatihan jurnalistik online bagi para siswa SMA/SMK Pasundan se-Bandung Raya dan Cianjur,” sambungnya.

Dirinya berharap, pelatihan ini mampu membekali siswa setelah lulus nanti. “Selain pengetahuan, mereka juga diberikan keterampilan, bagaimana lulusan pasundan itu menjadi seorang pekerja yang profesional, jujur, santun dan produktif.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan dari SMA Pasundan Zahra Mutmainah mengaku mendapatkan pencerahan setelah mengikuti pelatihan jurnalistik online ini.

“Sangat membantu. Kita jadi dapat pencerahan yang asalnya tidak tahu menjadi lebih tahu lagi. Semoga acara ini terus ada dirutinin tiap tahunnya,” katanya. (ran)

Pemberian materi Teknik Pengambilan Gambar oleh Jhon Hendra, S.Sos, M.Ikom. (Foto: ran/pasjabar)
Pemberian materi Penulisan Berita Website dan Cetak oleh Yatti Cahyati, S.Sos. (Foto: ran/pasjabar)
Pemberian materi Teknik SEO Uploader dan Karakteristik Media Online oleh Andri Herdiansyah, S.Sos. (Foto: ran/pasjabar)
Pemberian materi Teknik Editing Video oleh Prihadi Saroso, A.Md. (Foto: ran/pasjabar)
Pemberian materi Teknik Fotografi oleh Darma Legi, S.Sos. (Foto: ran/pasjabar)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

6 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

7 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

8 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

10 jam ago