Uncategorized

Tim Zona Asia Kini Menakutkan, Setelah Arab Saudi Giliran Jepang Hancurkan Jerman

ADVERTISEMENT

Piala Dunia Qatar 2022

Ulasan : Jhon Be
www.pasjabar.com — Wow…kekuatan kembali terjadi dalam lanjutan piala dunia Qatar 2022.  Setelah Arab Saudi mengalahkan Argentina 2-1, kini giliran Jepang yang berhasil menghancurkan juara dunia empat kali, Tim Panzer Jerman dengan skor 2-1.
Bertanding di stadion Internasional Khalifa, Jepang tampil sangat percaya diri. Dimenit kedelapan penyerang andalan tim samurai biru berhasil menjebol gawang Neuer, namun gol dianulir karena hakim garis menunjuk bendera offside.
Bertandingan kembali berjalan sangat seru. Lalu dimenit 32 terjadi pelanggaran di kotak penalti Jepang. Setelah David Raum diganjal dengan keras oleh Yoshida. Hadiah Penalti berhasil dieksekusi dengan baik oleh Gundogan. Skor menjadi 1-0 untuk Jerman.
Wasit kembali menganulir gol, kali ini wasit Ivan Barton menganulir gol yang dicetak Kai Harvert dimasa injury time, setelah VAR menunjukan posisi Harvert sudah offside. Hingga babak pertama usai skor tetap 2-1.
Momen kemenangan Jepang terjadi di babak kedua, hingga menit ke 74 tak ada gol yang tercipta, Jerman menguasai lapangan, Jepang sesekali melakukan serangan balik cepat. Dimenit inilah, kejelian pelatih Jepang, Moriyasu, memasukan Minamino eks pemain Liverpool yang berposisi gelandang serang mengantikan pemain bertahan H. Sakai.
Baru masuk 1 menit gaya bermain Jepang dari bertahan berubah menyerang. Berkat Minamino tercipta gol dimenit 75 oleh R. Doan. Skor menjadi 1-1. Tim Panzer mulai kehilangan penguasaan permainan, walau tetap menyerang namun sangat terlihat monoton dan hanya mengandalkan umpang lambung.
Ketatnya pertahan Jepang tak mampu menciptakan gol. Pelatih Jerman H. Flick mencoba merubah taktik agar lebih menyerang dengan memasukan dua penyerangan sekaligu yakni M. Gotze dan Fuellkrug, namun belum berhasil menembus gawang Jepang.
Keenakan menyerang, Jerman lupa pertahanan, melalui serangan balik dan aksi memukau pemain penganti T. Asano yang menerima umpan jauh dari Itakura, mengiring bola dari sisi kanan gawang dengan keras menendang bola masuk ke gawang yang dijaga Neuer. 2-1 untuk Jepang.
Kemudian Jerman berusaha membalas namun hingga menit 90 dan tambahan waktu 9 menit. Tim Panzer takluk oleh tim samurai biru.
Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua tim tim zona Asia yang mulai menakutkan lawan di piala dunia Qatar. Sebelumnya juara dunia 2 kali Argentina ditaklukan Arab Saudi 2-1.
Bagi Jerman kekalahan ini akan membuat langkah tim Panzer kesulitan sebab di grup E bercokol Spanyol, Kostarika, Jerman dan Jepang. Akan semakin menarik berebut tiket 16 besar, sebab Jerman sudah kehilangan 3 Poin, artinya sulit untuk menjadi juara grup.
Perancis Ngegas, Kroasia imbang
Bermain di Al Janoub Stadium, juara bertahan Perancis, tertinggal lebih dulu dari Autralia  di menit kesembilan lewat gol Goodwin. Namun Mbappe dkk cepat move on, dua gol balasan yang dilesatkan Rabiot di menit ke 27 dan gol indah O. Giroud membuat skor 2-1 Perancis memimpin di babak pertama. Dibabak kedua juara bertahan terlalu perkasa bagi Australia, 2 gol lagi tercipta dari Giroud menit 71 dan gol dari Mbappe di menit 68 membuat Perancis unggul 4-1.
pertandingan lain di grup F, runner up piala dunia 2018 kroasia mampu ditahan imbang wakil zona Afrika, Maroko 0-0. Luca Modric dkk tidak mampu menembus gawang Maroko walau serangan bertubi tubi dilancarkan. Statistik penguasaan bola 65 persen Kroasia dan Maroko hanya 35 persen.
Spanyol Ngegas…
Tim Matador, Spanyol langsung ngegas menghancurkan Kosta Rika 7-0. Gol demi gol tercipta dengan mudah ke gawang Kosta Rika yang dijaga Keylor Navas  kiper andalan klub PSG. Pasukan Luis Enrigue terlalu perkasa bagi anak anak asuhan Suarez Guzman pelatih Kosta Rika. Pada babak pertama 3 gol tercipta dari kaki D. Olmo menit 11, gol kedua di cetak Asensio menit 21, dan gol ketiga lewat tendangan penalti yang di eksekusi oleh Torres menit ke 31.
Unggul 3-0 tidak membuat Matador puas, mereka semakin ngegas, 4 gol tercipta dari kaki, Torres menit 54, Gavi menit 74, Soler menit 90 dan Morata menit 90+2. Skor 7-0 tanpa balas bahkan tanpa serangan balik dari Kosta Rika. Kemenangan ini menjadi modal utama tim matador merebut peringkat pertama di grup E, Karena saingan utama mereka Jerman diluar dugaan kalah oleh Jepang 2-1.
Kini Spanyol menjadi urutan pertama, kedua jepang, ketiga Jerman dan keempat Kosta Rika. Pertandingan selanjutnya Spanyol akan berhadapan dengan Jerman pada 28 November 2022 , jika Spanyol menang maka peluang menjadi juara grup sangat terbuka. Sementara Jerman dipastikan angkat koper dan menjadi sejarah buruk bagi Jerman ter eleminasi di babak penyisihan. Namun jika Jerman menang, dan Kosta Rika mampu mengalahkan Jepang. Maka semua tim memiliki nilai sama tiga poin dan ditentukan partai terakhir.
Jhon Be

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

47 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

1 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

2 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

3 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago