HEADLINE

Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Ingin Mahasiswa Miliki Dua Karakter Unggulan

ADVERTISEMENT

*)Kuliah Umum Kesundaan STKIP Pasundan Cimahi 

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKetua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof. Dr. H.M Didi Turmudzi M.Si meminta mahasiswa yang ada di bawah Paguyuban Pasundan salah satunya STKIP Pasundan memiliki dua karakter.

“Mahasiswa di lingkungan Paguyuban Pasundan harus memiliki dua karakter utama, yakni karakter Keislaman dan kedua karakter kesundaan. Itu juga harus dimiliki oleh mahasiswa di STKIP Pasundan,” ujar Prof Didi, dalam kuliah Umum kepasundanan Tahun Kademik 2022/2023 STKIP Pasundan Cimahi, di kampus STKIP Pasundan Cimahi, Senin (28/11/2022).

Prof Didi menyampaikan kuliah umum dihadapan 630 mahasiswa STKIP Pasundan Cimahi dengan tema ‘Penguatan Jati Diri Kesundaan dalam Menghadapi Era Society 5.0’.

Dikatakan Prof Didi, saat ini pendidikan hanya bertumpu pada daya saing bangsa, alhasil, karakter tidak terbangun oleh karenannya sangat perlu membangun mahasiswa yang memilki karakter dan ada dua karakter yang di bangun di lingkungan Pasundan yakni karakter Keislaman dan kedua yakni karakter Kesundaan, yang memang menjadi ciri dari Pasundan.

“Namun bukan berarti kita tidak terbuka dengan agama dan suku lain, kami sangat terbuka dengan suku dan agama lain. Namun memang perlu ada ciri dan karakter tersendiri bagi Pendidikan di Pasundan yakni dua yaitu Keislaman dan Kesundaan,” tuturnya.

Prof Didi juga menuturkan, jika kuliah umum ini menjadi salah satu bentuk kebersamaan di keluarga Pasundan, “ Jadi yang harus dilakukan sekarang untuk mahasiswa baru yakni bersih hati, karena awal kesuksesan adalah dari hati yang damai dan tenang,” papar Didi.

Disampaikannya, jika Paguyuban Pasundan menjadi organisasi tertua di Indonesia yang memang banyak melahirkan orang-orang besar yang membantu melahirkan juga Bangsa Indonesia. Dengan visi atau arah masa depan terwujudnya masyarakat yang berharkat dan bermartabat,” tuturnya.

Selain itu, misi Paguyuban Pasundan adalah memerangi kebodohan dan memerangi kemiskinan, salah satunya bergerak di bidang Pendidikan dengan memiliki 120 sekolah dasar menengah dan atas serta memiliki tiga Sekolah tinggi dan Satu Universitas.

“Kami juga bergerak dibidang ekonomi dengan membangun koperasi pasundan, KSPPS Pasundan Pasundan selain itu kami terus berupaya membangun jiwa entrepreneurship di kalangan mahasiswa karena tantangan semakin berat dan bersaingan semakin ketat diera 5.0 ini,” jelas Prof Didi.

Selain kuliah Umum Kesundaan, Prof Didi Turmudzi juga sekaligus meresmikan Lapangan Mini Soccer STKIP Pasundan serta membuka pertandingan ekshebisi antara pemain Persib Legend dengan tim dari STKIP Pasundan Cimahi. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Cukur Maladewa 4 Gol Tanpa Balas

WWW.PASJABAR.COM – Timnas Indonesia U-20 tampil cemerlang dengan mencetak tiga gol indah dalam waktu lima…

9 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

9 jam ago

Akses Jalan Ditutup Tembok Setinggi 3 Meter, Akses Warga Terganggu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebuah gang di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung ditutup tembok. Akibatnya…

9 jam ago

Pemkot Bandung Siap Hadapi Musim Hujan, Fokus Antisipasi Banjir dan Sampah Liar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mempersiapkan berbagai langkah antisipatif untuk menghadapi potensi…

9 jam ago

Peningkatan Produksi Pertanian dalam PKM di Sumedang

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) program studi…

9 jam ago

Cagub Acep Bertemu Masyarakat Tionghoa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Acep Adang mengawali kampanye politiknya…

9 jam ago