HEADLINE

Piala Dunia Qatar 2022: Brazil, Portugal Lolos 16 Besar, Jerman, Belgia, Uruguay Kritis

ADVERTISEMENT

Ulasan: Jhon Be

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Pertandingan kedua putaran grup piala dunia Qatar 2022, telah rampung. Pertandingan kedua terakhir dihelat di grup H Portugal vs Uruguay Selasa (29/11/2022) dini hari tadi yang dimenangkan Ronaldo dkk dengan skor 2-0.

Dengan demikian seluruh pertandingan kedua fase grup piala dunia Qatar 2022 usai. Pada ulasan sebelumnya telah diprediksi tim tim yang punya peluang lolos 16 besar di grup A, grup B, grup, C dan grup D. Kali ini kita ulas peluang lolos di grup E, grup F, grup G, dan grup H.

Masih ada pertandingan ketiga Piala Dunia Qatar 2022. Namun yang mulai menarik dibicarakan peluang lolos 16 besar sudah bisa diprediksi. Di grup E, F, G dan H. Cukup menarik untuk disimak. Mulai dari grup H, Sebutlah Portugal, dengan kemenangan 2-0 atas Uruguay membuat pasukan Fernandez Da Costa mengamankan tiket lolos 16 besar, dengan poin 6 Portugal tinggal menyisakan pertandingan ketiga melawan Korea Selatan. Hasil Apapun Portugal tetap lolos 16 besar.

Urutan grup H: Portugal poin 6, Ghana poin 3, Korea Selatan poin 1, Uruguay poin 1

Peluang lain di grup H, dimiliki Ghana. Ghana cukup menahan seri Uruguay, Ghana bisa menjadi Runner up grup H, apalagi jika Ghana bisa menang lawan Uruguay. Sementara bagi Korea Selatan dan Uruguay hanya wajib menang. Jika ingin lolos 16 besar Piala dunia Qatar 2022. Korea Selatan bisa lolos jika mengalahkan Portugal di pertandingan terakhir, itupun jika Ghana Kalah oleh Uruguay dengan skor tipis. Karena jika Korea Selatan menang dan Uruguay menang tipis lawan Ghana maka Korea Selatan bisa lolos 16 besar.

Sedangkan Uruguay masih ada harapan, syaratnya wajib menang telak lawan Ghana, minimal lebih dari 2 gol dan Korea Selatan menang tipis lawan Portugal. Setidaknya pertandingan ketiga grup H akan sangat seru untuk memperebutkan jatah 1 tiket lagi untuk mendampingi Portugal lolos 16 besar.

Grup G Brazil lolos 16 besar, Swiss, Kamerun dan Serbia berebut Runner up

Di grup G, Tim Samba memastikan lolos 16 besar setelah menang 1-0 atas Swiss, sebelum Neymar dkk Menang 2-0 atas Serbia. Bermain di pertandingan kedua Brazil tanpa bintang mereka Neymar, gol semata wayang Casemiro dimenit 83 cukup mengamankan tiket lolos 16 besar.

Urutan grup G: Brazil poin 6, Swiss poin 3, Kamerun poin 1, Serbia poin 1

Peluang lain tim yang bisa mendampingi Brazil masih bisa diperbutkan di pertandingan ketiga. Swiss negara yang paling memiliki peluang besar, dengan poin 3 membutuhkan hasil seri saja di pertandingan ketiga saat melawan Serbia. Swiss bisa lolos hanya seri apalagi menang.

Sementara bagi Kamerun dan Serbia harus menang. Kamerun akan melawan Brazil mutlak harus menang dengan skor lebih dari 2 gol, agar selisih gol bisa mengalahkan Swiss jika Swiss vs Serbia Seri. Sedangkan Serbia bisa lolos, Asalkan wajib menang telak 3-0 hingga 4-0 atas Swiss, itupun dengan harapan Kamerun kalah atau seri saat melawan Brazil.

Siapa tim yang berhak mendampingi Brazil? Akan ditentukan dalam pertandingan ketiga nanti.

Grup E, Jerman kritis, Spanyol, Jepang dan Kostarika berebut juara grup

Belum ada yang bisa memprediksi siapa yang bakal lolos 16 besar di grup E ini, sebab semua tim masih memiliki peluang lolos, peluang menjadi pimpinan grup dan Runner up. Kita mulai ulas dari tim wakil Asia Jepang, yang sempat mengejutkan dipertandingan pertama setelah mengalahkan Jerman 2-1.

Jepang keren di pertandingan awal menang 2-1 atas Jerman, namun mengecewakan dipertandingan kedua kalah 1-0 atas Kosta Rika. Mental dan Semangat pemain Jepang untuk bersinar dan menjadi tim penuh kejutan di piala dunia kali ini sepertinya belum siap. Penampilan tim samurai biru tidak konsisten. Tampil percaya diri saat mengalahkan Jerman 2-1 dalam pertandingan pertama. Tetapi dipertandingan kedua melawan Kosta Rika yang sempat babak belur di bantai Spanyol 7-0, Nyatanya Jepang justru menyerah 0-1 dari Kosta Rika.

Walau menguasai jalannya pertandingan sejak menit awal, dengan penguasaan bola mencapai 57 persen. Para penyerang Jepang tak mampu membobol gawang Keilor Navas. Hingga akhirnya dari kesalahan pemain belakang Jepang, Kosta Rika bisa membobol Gawang Jepang di menit 81, Kaisar Fuller. Skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang. Jepang Kalah 0-1 atas Kosta Rika.

Kemenangan ini membuat peluang Kosta Rika kembali terbuka. Jepang pun masih bisa. Kedua tim memiliki angka sama yakni 3 poin.

Sementara bagaimana dengan nasib Jerman, Thomas Muller dkk bisa dibilang tim paling kritis. Hasil seri lawan Spanyol di pertandingan kedua membuat tim Panzer menjadi juru kunci grup E, hanya memiliki 1 poin. Kemenangan dipertandingan ketiga lawan Kosta Rika dengan skor lebih dari 2 gol syarat mutlak, dengan syarat Jepang kalah oleh Sanyol, seri saja Jepang dan Spanyol bisa saja membuat gagal Jerman.

Pasukan Diesel perlu membuktikan diri sebagai tim juara dunia 4 kali. Jerman selalu menjadi tim Diesel yang jika sudah panas akan semakin kuat.

Sedangkan peluang Kosta Rika lebih baik dari Jerman, seri lawan Jerman Kosta Rika bisa lolos asalkan Jepang kalah lawan Spanyol, dan kalaupun Jepang lawan Spanyol seri, Kosta Rika juga seri lawan Jerman. Kosta Rika menjadi Runner up grup E, lolos bersama Spanyol. Dan bagi Spanyol seri saja dipertandingan ketiga lawan Jepang cukup mengamankan tiket 16 besar. Bahkan jika Spanyol kalah pun, khas menjadi Runner up tetap terbuka, asal dipertandingan Jerman vs Kosta Rika dimenangkan Jerman. Sebab jika skenarionya seperti itu, Jepang menjadi juara grup dengan poin 6, Spanyol dan Jerman Poin sama 4, tetapi Spanyol bisa menjadi Runner up karena selisih gol mereka sudah 7. Jerman perlu memang 8-0 untuk menyusul selisih gol Spanyol.

Grup E: Spanyol poin 4, Jepang poin 3, Kosta Rika poin 3, dan Jerman poin 1

Pertandingan ketiga grup E akan menyita semua perhatian pengemar sepakbola tanah air dan dunia. Sebab belum ada yang bisa memprediksi siapa yang balas lolos 16 besar dari grup ini.

Grup F Canada Gugur, Kroasia, Maroko dan Belgia Berebut Tiket 16 Besar

Setelah tim bertabur bintang Belgia dipermalukan Maroko 2-0, pertandingan perebutan 2 tiket 16 besar masih sangat seru untuk dinantikan di grup F. Walau satu tim yakni Canada telah gugur usai dikalahkan Kroasia 4-2.

Pertandingan Maroko vs Belgia sejak menit awal dikuasai oleh Kevin De Bruyne dkk. Namun tim bertabur bintang tak mampu mencetak gol. Hingga malah berbalik dengan mudah gawang Thibaut Courtois dibobol Ziyech dkk.

Kemenangan ini membuat Maroko berada diurutan kedua grup F, Maroko poin empat sementara Belgia diberada di urutan ketiga dengan poin tiga. Peluang lolos 16 besar bagi Maroko cukup terbuka, apalagi lawan yang dihadapi pada pertandingan akhir adalah Canada yang sudah angkat koper setelah dihajar habis Kroasia 4-1.

Puncak klasemen grup F adalah Kroasia yang mampu menang telak menghadapi Canada 4-1. Sempat tertinggal 1-0 lewat gol Canada yang di cetak Davies pada menit kedua. Kemudian Kroasia Runner up piala dunia 2018 ini membalas dua gol dibabak pertama lewat gol Andre Kramaric dimenit 36 dan M. Livaja menit ke 44.

Dibabak kedua Kroasia kian perkasa, 2 gol lagi berhasil di cetak Kramaric menit 70 dan gol keempat dari L. Majer menit ke 90+4. Kemenangan Luka Modric dkk membuat poin mereka 4.

Kini peluang besar lolos 16 besar di grup F adalah Kroasia, yang pada pertandingan terakhir akan bertemu Belgia. Kroasia hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos 16 besar, Sementara Belgia harus menang. Partai ketiga nanti antara Kroasia vs Belgia adalah partai hidup mati.

Sementara Maroko juga membutuhkan hasil seri, untuk mengamankan tiket 16 besar, dengan catatan hasil pertandingan Kroasia vs Belgia seri atau dimenangkan salah satu tim. Tetapi jika Maroko kalah oleh Canada, dan Belgia mengalahkan Kroasia dengan skor lebih dari 2, Maroko akan gugur, yang lolos Belgia dan Kroasia.

Grup F: Kroasia poin 4, Maroko poin 4, Belgia poin 3, Canada poin 0

Grup F semua tim masih ketat memperebutkan 2 tiket lolos 16 besar. Kroasia vs Belgia akan melakoni partai hidup mati, Maroko membutuhkan 1 poin saja saat bertemu Canada. (jbe)

Jhon Be

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

11 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

14 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago