PASOLAHRAGA

Luis Milla Akui Strateginya Sempat Tidak Berjalan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPersib Bandung mengalahkan Persebaya Surabaya 2-1 dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (10/12/2022). Dalam laga ini, pelatih Persib Luis Milla mengakui strateginya sempat tidak berjalan.

Persib sendiri bermain dengan sejumlah perubahan dalam komposisi pemain. Trio bek tengah diisi Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, dan Victor Igbonefo. Sedangkan Daisuke Sato diplot jadi gelandang bertahan.

Di sektor sayap, Febri Hariyadi dan Frets Butuan ditempatkan bersamaan di sebelah kanan. Sedangkan Beckham Putra dicadangkan. Hasilnya permainan Persib kurang berkembang dan tertinggal 0-1 pada babak pertama oleh gol Leo Lelis.

Tapi, perubahan dilakukan di babak kedua. Sejumlah pemain ditarik, mulai dari Nick Kuipers, Frets Butuan, dan Daisuke Sato. Mereka digantikan Henhen Herdiana, Beckham Putra, dan Abdul Aziz. Setelah itu, Robi Darwis juga masuk menggantikan Dedi Kusnandar.

Pergantian ini berjalan efektif. Sebab gaya bermain Persib berubah dan berbuah kemenangan dengan skor 2-1 lewat gol yang dicetak Ciro Alves dan David da Silva. Luis Milla pun mengucapkan selamat kepada para pemainnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemain yang sudah menunjukkan kerja kerasna, gairahnya, kemudian semangatnya dalam bermain, terutama di babak kedua,” kata Luis Milla.

Persebaya Tampil Merepotkan

Diakui pria asal Spanyol itu, Persebaya tampil sangat merepotkan dalam 30 menit pertama. Tapi perlahan Persib bisa keluar dari tekanan meski akhirnya tertinggal di babak pertama.

Ia beralasan sengaja mengubah komposisi starting line up untuk membuat lini tengah Persebaya kesulitan mengembangkan permainan. Tapi justru Persib yang malah kesulitan memberi perlawanan.

“Sehingga di babak kedua saya pikir saya harus mengubah format, terutama ada beberapa pemain yang harus saya ubah,” ucap Luis Milla.

Hasilnya, perubahan yang dilakukan membuat Persib tampil lebih agresif. Para pemain Persib juga bisa memeragakan permainan cepat dengan suplai bola ke lini depan lebih bervariasi.

Ia pun tidak mempermasalahkan satu gol yang bersarang ke gawang Persib. Yang terpenting, Persib bisa mencetak gol lebih banyak ke gawang lawan dan mengakhiri laga dengan kemenangan. Tapi, kebobolan itu jadi catatan tersendiri untuk perbaikan ke depan.

“Saya bisa melihat bagaimana perubahan terjadi (pada babak kedua). Kalaupun kita kebobolan, saya sudah katakan sebelumnya bahwa di setiap pertandingan kita berusaha mengevaluasi, kemudian mengoreksi dan mencoba memperbaikinya,” tandas Luis Milla. (ars)

Aris

Recent Posts

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

4 menit ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

42 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

4 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

4 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago