PASBUDAYA

Anggaran Pembangunan Padepokan Pencak Silat Jatinangor Mencapai 30 Miliar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pembangunan Padepokan Pencak Silat di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat alokasi anggarannya mencapai Rp30 miliar.

Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Abdul Harris Bobihoe pembangunan tersebut sudah dianggarkan pada 2023.

“Jadi alokasi anggarannya hampir sekitar Rp30 miliar. Itu masih sangat kurang sebenarnya, karena kita minta agak besar,” ujar Abdul Harris Bobihoe yang dikutip dari ANTARA, Jumat (16/12/2022).

Harris mengatakan anggaran untuk pembangunan Padepokan Pencak Silat di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, akan dilakukan secara bertahap.

“Namun karena memang kondisi keuangan kita belum stabil, ini baru awal dan akan bertahap. Kita di sana mengembangkan atribut dari silat, mulai dari pakaian pangsi, ikat kepala, pedang, segala macam,” sambungnya.

Dia mengungkapkan lahan seluas delapan hektare akan segera dibangun di awal 2023 dan diharapkan paling lambat pertengahan atau akhir tahun 2023 sudah selesai.

Pihaknya bersyukur setelah UNESCO mengesahkan pencak silat menjadi budaya tak benda.

DPRD Jawa Barat, kata Harris, menyambut dan akan menjadikannya sebagai upaya awal bagaimana terus mengembangkan pencak silat ini menjadi sebuah warisan di Jabar.

Ia menuturkan selama ini, Jawa Barat konsisten memajukan dan melestarikan pencak silat baik sebagai olahraga maupun budaya.

“Dan itu kita akan coba kerja sama dengan dinas pendidikan untuk mereka bisa masukkan dalam kurikulum di sekolah-sekolah,” kata dia.

“Mulai dari SD, SMP, SMA sehingga dengan demikian insyaallah kita terus menjaga warisan ini dengan baik. Ini harapan kita,” kata Abdul Harris Bobihoe yang menghadiri acara Hari Pencak Silat Jabar di halaman depan Gedung Sate Bandung, beberapa waktu lalu. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Seminggu Krusial bagi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

WWW.PASJABAR.COM -- Proses naturalisasi segera selesai untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Erick Thohir menegaskan…

18 menit ago

Petugas Masih Evakuasi Bangunan Warga Terdampak Gempa

KABUPATEN BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Lima hari paska gempa, petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri dan…

1 jam ago

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

14 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

15 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

16 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

17 jam ago