HEADLINE

Kemegahan Masjid Raya Al Jabbar Hasil Desain Ridwan Kamil

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memantau langsung proses pembangunan Masjid Raya Al Jabbar yang sudah hampir selesai di Keluharan Cimincrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung pada Senin (26/12/2022) sore.

Masjid Raya Al Jabbar dengan kapasitas 50 ribu orang tersebut memiliki kolam retensi di sekeliling masjidnya. Apabila kawasan Gedebage banjir, air akan dialihkan ke kolam tersebut.

Selain itu, bila memasuki area luar Masjid Raya Al Jabbar, jamaah akan melihat desain yang indah di pelatar masjid. Hal yang sama juga nampak indah dari dalam masjid. Atap masjid di desain memiliki ratusan celah agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam area masjid. Serta di tengahnya di pasang lafadz Allah.

Bagian dalam Masjid Al Jabbar. (Foto: uby/pasjabar)

Masjid ini juga memiliki tiang yang dipasang alat pendingin udara. Sehingga sirkulasi udara dapat maksimal saat menampung banyak jamaah. Area salat bagi imam juga di pasang lafadz Asmaul Husna untuk memperindah masjid ini.

Pintu dan jendelanya pun didesain batik dari 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Kemegahan lainnya di area masjid ini telah dibangun bawahnya berupa museum Rasul yang akan dibuka pada Februari tahun depan.

Meski demikian, masjid ini masih dalam proses tahap akhir atau sudah 97 persen tahap pembangunan. Masih terlihat ratusan petugas masih melakukan perawatan di sekitar area luar dan dalam masjid

“Masjid Al Jabbar ini menjadi kado bagi warga Jawa Barat. Di mana, sebelumnya Provinsi Jawa Barat belum memiliki masjid Rayanya sendiri,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Diketahui, seluruh bentuk dari Masjid Al Jabbar adalah hasil dari desainnya saat menjabat sebagai Wali Kota Bandung pada 2016 silam.

Rencananya masjid ini akan resmi dibuka untuk umum pada hari Jumat (30/12/2022) mendatang serta akan dihadiri berbagai tokoh se-Jabar. (uby)

Uby

Recent Posts

Pemkot Bandung Atur Jam Operasional untuk Atasi Kemacetan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara, akan segera menetapkan kebijakan utama untuk…

6 menit ago

Harga Cabai Rawit di Kota Bandung Melonjak, Pemkot Klaim Masih Stabil

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga kebutuhan pokok di Kota Bandung mulai mengalami kenaikan, salah satunya adalah…

1 jam ago

KPU Bandung Barat Terima 1,3 Juta Surat Suara untuk Pilkada Serentak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat telah menerima lebih dari 1,3…

2 jam ago

Arti Keadilan Sosial

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) – Keadilan Sosial…

3 jam ago

Persib Tak Gentar Berjuang ‘Sendirian’

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung tidak gentar berjuang 'sendrian' menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga…

4 jam ago

Imbas Kerusuhan, Persib Vs Persebaya Bakal Sepi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung disanksi PSSI imbas kerusuhan yang terjadi usai laga Persib vs…

5 jam ago