PASJABAR

DPW NasDem Jawa Barat Gelar Refleksi Akhir Tahun

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — DPW NasDem Jawa Barat melakukan refleksi akhir tahun 2022 pada Kamis (29/12/2022) di Hotel Papandayan, Kota Bandung. Refleksi akhir tahun ini bertujuan untuk memberikan motivasi sekaligus meningkatkan kinerja NasDem khususnya di wilayah Jabar.

Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa menyampaikan bahwa sepanjang 2022 pihaknya telah melakukan kerja-kerja politik. Mulai dari pembentukan struktur kepengurusan hingga pendidikan politik di seluruh kabupaten/kota di Jabar dari DPW sampai DPRT. Selain itu, Saan juga menyebut pihaknya telah memaksimalkan rekrutmen anggota.

“Pemilu 2019 kami merasa kesulitan mencari orang untuk menjadi caleg. Tapi, menghadapi pemilu 2024 justru NasDem Jabar sekitar 85 persen sudah mendapatkan siapa yang akan nyaleg,” ujarnya.

Saan pun meminta kepada para kader NasDem di Jabar untuk terus berjuang dan berkorban demi memenangkan NasDem di pemilu 2024.

“Enggak ada kemenangan tanpa sebuah proses dan proses itu harus terus mengalami kemajuan. Kemenangan juga butuh perjuangan, sebab jika ingin mendapatkan kursi lebih banyak, maka harus perjuangkan itu semua,” katanya.

“Dan paling penting juga, kemenangan membutuhkan pengorbanan. Jika ingin menjadi pemenang pemilu 2024 maka perlu kerelaan dan keikhlasan untuk terus menerus berproses berjuang, dan meningkatkan kerja keras. Insya Allah, Allah akan mengabulkannya,” sambungnya.

DPW NasDem Jabar Mengukur Hasil Kinerja Selama 2022

DPW NasDem Jabar dalam mengukur hasil kinerja yang dilakukan selama setahun ini, lanjut Saan, ialah dengan melakukan survei sebagai alat ukur untuk mengetahui berada di posisi mana NasDem. Survei tersebut dilakukan oleh lembaga survei Indikator Politik mulai 16 Desember 2022 sampai 26 Desember 2022.

Peneliti Indikator Politik, Hendro Prasetyo menjelaskan survei yang dilaksanakan pada rentang 16 Desember 2022-26 Desember 2022 ini terkait peta elektoral parpol dan capres di Jabar. Survei ini melibatkan sebanyak 1200 responden dengan margin eror sekitar 2,9 persen.

Dalam survei itu, masyarakat Jabar masih menganggap permasalahan ekonomi masih harus perlu adanya perbaikan dan pemulihan ekonomi saat ini masih belum berjalan dengan baik. Tetapi, di sisi lainnya masalah penegakkan hukum sudah terbilang baik bersamaan dengan kinerja pemerintahan dan kepuasan pada kinerja presiden Joko Widodo.

“Masalah mendesak ini menciptakan lapangan kerja, menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok, dan keamanan juga ketertiban,” ucapnya.

Terkait keterpilihan partai, Hendro menyebut partai NasDem masih berada di angka 5,5 persen atau naik secara signifikan dari tahun 2021 yang hanya mampu meraih 2,1 persen di Oktober 2021 dan 3,6 persen pada Agustus 2022.

“Raihan ini terlihat naik untuk NasDem sejak Oktober 2021 yang meraih 2,1 persen, lalu Agustus 2022 sebesar 3.6 persen, dan sekarang sudah di angka 5,5 persen. Banyak variabel yang melatarbelakangi kenaikan ini, salahsatunya pemilih usia produktif atau milenial yang kuat. Kemudian, kedisukaan NasDem juga naik sekitar 7,8 persen dari 2021 yang hanya 10 persen, dengan alasan kesukaan karena NasDem mendukung Anies Baswedan,” jelasnya.

Anies Baswedan Membawa Dampak Positif untuk Partai NasDem

Saan pun mengakui bahwa pendeklarasian NasDem terhadap Anies Baswedan untuk capres 2024 memberikan dampak positif baik untuk Anies maupun NasDem.

“Sekarang elektabilitas Anies Baswedan hampir 40 persen dari sebelumnya di 2021 yang berada di angka 20 persen. Berbanding lurus dengan NasDem pada Oktober 2021 hanya 2,1 persen tapi sekarang ada di 5,5 persen. Dasar inilah yang kami jadikan resolusi dan menjadikan Jabar untuk menjadi lumbung suara Anies,” pungkasnya. (uby)

Uby

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

11 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

14 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago