PASPENDIDIKAN

Kemendikbudristek Gelar PUSAKA 2022, Perkuat Karakter di Lingkungan Pendidikan

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) kembali menggelar Pekan untuk Sahabat Karakter atau PUSAKA 2022.

Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka pemberian apresiasi, inspirasi, dan motivasi kepada ekosistem pendidikan yang terlibat aktif dalam kampanye penguatan karakter.

PUSAKA 2022 mengangkat tema “Karakter Kuat untuk Indonesia Semakin Hebat”. Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menyatakan bahwa penguatan karakter merupakan ruh dari pendidikan Indonesia yang tidak terbatas pada kompetensi intelektual.

Karakter yang kuat menjadi bagian dari keterampilan jitu abad 21. Hal itu perlu dimiliki pelajar Indonesia untuk sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

“Untuk menjadikan Indonesia semakin hebat, penguatan karakter di lingkungan pendidikan membutuhkan kolaborasi dan gotong-royong semua lapisan ekosistem pendidikan. Mulai dari satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, keluarga, dan masyarakat,” kata Suharti dikutip dari laman kemdikbud.go.id pada Jumat (30/12/2022).

Adapun kegiatannya meliputi inisiasi kolaborasi di lingkungan pemangku kepentingan, bincang-bincang dengan tokoh inspiratif mengenai profil pelajar pancasila. Kemudian ada pencegahan dan penanganan kekerasan, serta perwujudan lingkungan belajar yang inklusif dan berbineka, lalu ditutup dengan pemberian apresiasi.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan selamat kepada 22 instansi. Serta insan penerima apresiasi atas komitmennya dalam upaya penguatan karakter anak bangsa. Tentu, harapannya, apresiasi ini menjadi penyemangat bagi kita semua. Supaya senantiasa bersinergi menghadapi berbagai tantangan abad 21 dengan selalu menanamkan karakter kuat yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila,” ucap Suharti.

Penerima Apresiasi Dibagi 4 Kategori

Adapun 22 penerima apresiasi tersebut terbagi atas empat kategori, yaitu kategori Dinas Pendidikan Cerdas Berkarakter. Yakni Dinas Pendidikan Kota Blitar, Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pangandaran.

Lalu kategori Instansi Inspiratif Cerdas Berkarakter Anti Perundungan yaitu SMPN 3 Singaraja, SMP Islam Al Azhar 1, SMAN 8 Manado, SMAS Budi Mulia Ciledug, SMKN 7 Pinrang, dan SMKN 1 Karangdadap.

Kemudian kategori Instansi Inspiratif Anti Kekerasan Seksual yaitu Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Institut Teknologi Kalimantan.

Terakhir kategori Mitra Penguatan Karakter Kebijakan Profil Pelajar Pancasila jenjang PAUD yaitu Dinas Pendidikan Kota Batam, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka, dan Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Tiga Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter 2022

Selain itu, terdapat pula tiga Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter Tahun 2022. Di antaranya Sabarina Nur Sarah dari Jawa Barat, Adiatman dari Kalimantan Utara, dan Widi Astiyono dari Jawa Tengah.

Kepala Puspeka Rusprita Putri Utami mempertegas bahwa melalui kegiatan PUSAKA 2022, Puspeka ingin mengobarkan semangat optimisme kepada semua Sahabat Karakter di seluruh Indonesia.

“Bahwa kunci bagi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih hebat di panggung global adalah para pelajarnya. Mereka yang punya karakter kuat sebagai Pelajar Pancasila. Marilah kita bersama menciptakan satuan pendidkan yang aman dan nyaman, melahirkan Pelajar Pancasila dan mewujudkan Merdeka Belajar,” tandas Rusprita. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

7 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

8 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

10 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

10 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

10 jam ago