PASOLAHRAGA

Polisi Perketat Pengamanan Jelang Persib vs Persija di GBLA

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Jajaran Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) dan Polrestabes Bandung mematangkan persiapan jelang digelarnya pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (11/1/2023).

Persiapan dilakukan melalui tactical floor game untuk membagi tugas dan fungsi masing-masing satuan. Baik sebelum maupun sesudah pertandingan.

“Salah satu yang dipersiapkan adalah skema pengamanan di bagian pintu masuk penonton. Guna mengantisipasi mereka yang tidak mempunyai tiket atau menggunakan tiket palsu ke stadion,” kata Kepala Biro Operasi Polda Jabar, Kombes Budi Wasono.

Selain itu, kepolisian juga menyiapkan langkah-langkah untuk mewaspadai masuknya benda-benda berbahaya termasuk petasan maupun flare.

“Kuta sudah sepakati dengan panitia pelaksana untuk yang boleh masuk hanya yang mempunyai tiket. Sebagaimana tadi (pemeriksaan flare, red) waktu tfg kita sudah siapkan langkah. Begitu ada kejadian sepeti itu dan panitia memerlukan bantuan, baru kita masuk,” jelasnya.

Selain teknis pengamanan penonton di kawasan stadion, kepolisian juga fokus melakukan pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi antrean kendaraan. Mengingat pertandingan Persib vs Persija diprediksi akan dihadiri oleh puluhan ribu penonton.

Polrestabes bandung juga akan melakukan koordinasi dengan dinas perhubungan setempat untuk menutup sementara akses menuju Masjid Raya Al Jabbar yang saat ini ramai didatangi para pengunjung.

Insya Allah nanti berkoordinasi dengan pak Wali Kota dan Dishub Kota Bandung. Kita utamakan GBLA dulu. Skala prioritasnya kita utamakan untuk perhelatan di GBLA. Saya berharap bisa disepakati untuk akses ke Al Jabbar. Kita hambat dulu sampai selesai acara di GBLA,” kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung.

Pada laga bertajuk duel klasik Persib vs Persija, pola pengamanan di dalam stadion akan sedikit berbeda. Sesuai dengan peraturan polisi nomor 10 tahun 2022, dalam pengamanan di dalam lapangan tidak akan ada aparat kepolisian dan akan digantikan oleh tim pengamanan internal atau steward officer dan perwakilan dari panitia penyelenggara. (uby)

Uby

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

11 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

34 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago