HEADLINE

4 Destinasi Wisata Pecinan di Indonesia untuk Mengisi Libur Imlek 2023

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Warga Tionghoa akan merayakan Imlek 2547 Kongzili pada Minggu (22/1/2023) mendatang. Cuti bersama pun jatuh pada Senin (23/1/2023). Pada momen Imlek sejumlah wisata Pecinan pasti akan ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk mengisi waktu libur Imlek bersama keluarga, Anda juga bisa datang ke destinasi wisata tersebut. Berikut ini, tempat wisata Pecinan yang Pas Jabar rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (17/1/2023).

1. Jalan Suryakencana Bogor

Sebagai kawasan yang mayoritas masyarakatnya keturunan Tionghoa, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai makanan khas Tionghoa. Selain itu, di sini juga banyak makanan khas Bogor.

Banyak menu non halal di kawasan ini, jadi bagi Anda yang Muslim, harap untuk memilih-memilih makanan di kawasan ini. Beberapa kuliner yang bisa Anda temui di sini yaitu nasi goreng, soto kuning khas Bogor, sate, bakso, asinan bogor dan jajanan lainnya.

Selain itu, di sini juga terdapat bangunan bersejarah, klenteng, patung naga dan hiasan-hiasan khas Tiongkok yang mempercantik kawasan ini.

2. Kelenteng Sam Poo Kong Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Di sini Anda bisa mengunjungi beberapa titik lokasi. Ada tempat pemujaan dewa bumi yaitu tempat untuk berdoa kepada Tian (Dewa/langit) dan kepada Tei (Dewa bumi).

Selanjutnya ada Makam Kyai Juru Mudi. Makam dipercaya sebagai tempat berdoa untuk memohon berkah, terutama pada malam-malam tertentu yaitu malam Selasa Kliwon dan malam Jumat Kliwon. Selain itu, ada Makam Kyai Djangkar yang merupakan tempat ibadah Khonghucu dan rumah Ruh Hoo Ping.

Banyak yang datang untuk meminta berkah untuk bisnis atau pekerjaan. Di bagian tengah ada pemujaan terhadap pendiri sekte Kong Hu Cu, dan posisinya paling besar.

Kemudian, di paling kanan adalah Rumah Roh Hoo Ping. Arwah Hoo Ping adalah arwah orang mati yang tidak dirawat oleh keluarganya. Mereka ditampung di sini untuk didoakan

Banyak tempat dan area yang dianggap keramat dan keramat di Kelenteng Sam Poo Kong, tetapi area ini terbuka untuk agama apa pun tanpa kecuali. Maka tidak salah jika kawasan ini dianggap sebagai tempat bersejarah yang harus dilestarikan. Destinasi wisata pecinan ini bisa Anda kunjungi untuk mengisi libur Imlek 2023.

Pada perayaan Imlek tahun ini, Klenteng Sam Poo Kong mengadakan sejumlah acara yang berlangsung selama tiga hari. Mulai dari 21 Januari-23 Januari 2023. Kegiatan yang akan digelar adalah atraksi Barongsai Tonggak San Guo dan Regog Ponorogo.

3. Pasar Petak Sembilan Glodok

Pasar Petak Sembilan dipadati oleh pedagang kaki lima, seperti pasar tradisional. Di sini Anda bisa menemukan segala jenis kuliner. Mulai dari kuliner yang sering ditemukan hingga kuliner yang jarang ditemukan di pasar lain.

Ada kue keranjang, aneka parcel buah-buahan, Mipan atau kue beras dengan taburan bawang putih goreng khas Tionghoa, Ci Cong Fan atau kudapan gurih dari tepung beras. Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Kedai Kopi Es Tak Kie, Bakmi Amoy, Kedai Kopi Djaw yang kopinya dimasak menggunakan pasir.

Dagangan yang jarang ada di pasar lain pun ada di sini. Seperti teripang, burung dara, aneka ikan laut segar hingga swike atau kodok sawah.

Selain itu Anda juga bisa mengunjungi Wihara Dharma Bakti yang lokasinya tidak jauh dari pasar. Wihara ini merupakan yang tertua di Jakarta.

4. Kelenteng Hong Tiek Hian Surabaya

Kelenteng Hong Tiek Hian merupakan kelenteng tertua di Surabaya yang konon dibangun oleh tentara Tar-tar pada zaman Kaisar Khu Bilai Khan pada awal pendirian Kerajaan Majapahit.

Kelenteng ini memiliki arsitektur dan gapuran bergaya Tiongkok yang menjadi landmark di Kawasan pecinan Surabaya.

Begitu tiba di Kelenteng Hong Tiek Hian, Anda akan melihat dua buah bangunan utama yang terpisah oleh seruas gang. Kedua bangunan tersebut di jembatani oleh sebuah jembatan yang dijaga 2 ekor naga.

Di lantai 1 bangunan terdapat Altar Macko dan Kong Co. Sementara, di lantai 2 terdapat Altar untuk Buddha, Dewi Kwan Im dan beberapa dewi-dewi lainnya.

Pada hari-hari besar warga Tionghoa seperti saat Imlek, Klenteng Hong Tiek Hian ramai dikunjungi warga penganut Khong Hu Chu untuk beribadah.

Selain itu, di sini juga ada pertunjukan Wayang Potehi yang bisa dinikmati oleh setiap orang yang datang. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

6 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago