PASJABAR

Hewan Ternak di 13 Daerah Jabar Masih Terdampak Penyakit Mulut dan Kuku

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Provinsi Jawa Barat belum sepenuhnya terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Pasalnya, dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, 13 di antaranya masih terdampak penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Mohammad Arifin Soedjayana saat menghadiri kegiatan Kick Off Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Tahun 2023 di UPTD BPTSP dan HPT Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

“Asalnya di 27 kabupaten/kota terdampak (PMK) semuanya, kini tinggal 13 (kabupaten/kota yang terdampak),” kata Arifin.

Dengan masih adanya wilayah yang terdampak, dia menuturkan, pemerintah berkomitmen untuk memperketat lalu lintas distribusi hewan ternak.

“Ada ear tag jadi akan kelihatan kalau sudah dua kali vaksin ditambah surat keterangan kesehatan hewannya, bisa masuk. Itu juga menjadi salah satu syarat masuk ke suatu wilayah,” ucapnya.

Diterangkan Arifin, secara teknis, Jabar memiliki tiga lokasi cek poin untuk distribusi hewan ternak seperti di Banjar, Losari Cirebon, dan Gunungsindur Bogor.

Pada setiap titik cek poin bekerja sama dengan institusi TNI-POLRI, BPBD, Dinas Perhubungan yang disertai petugas vaksin.

“Kita juga melakukan mobile check point’ tidak statis di lokasi yang tiga itu. Kalau (kedapatan hewan ternak) belum di vaksin dan juga sehat, kita vaksin di situ,” katanya.

Selain mendapati kasus PMK di beberapa pasar hewan, dia membeberkan, kasus PMK terbanyak di Jabar terjadi di daerah Indramayu.

“Terbanyak di Indramayu, lalu lintasnya dekat ke jawa apalagi mau Iedul Adha mereka udah nyetok, mungkin ada yang lolos dari check point’, mereka cari jalan lain, dan juga kebanyakan itu yang di angon,” ujarnya. (uby)

Uby

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

5 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

7 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

9 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

9 jam ago