PASOLAHRAGA

Bobotoh Berulah, Persib Bandung Didenda Lagi!

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Kabar buruk menimpa Persib Bandung jelang laga melawan Bali United dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (9/2/2023). ‘Maung Bandung’ mendapatkan sanksi lagi.

Persib Bandung diharuskan membayar denda oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI sebanyak Rp50 juta. Penyebabnya gara-gara Bobotoh berulah lagi.

Sanksi itu diberikan Komdis PSSI menyusul adanya insiden saat Persib Bandung menggelar laga kandang kontra PSS Sleman pada Minggu (5/2/2023). Saat itu, oknum Bobotoh melakukan pelemparan ke arah suporter PSS.

Hukuman tersebut dijatuhkan Komite Disiplin PSSI dalam sidang yang digelar pada Selasa (7/2/2023). Sidang tersebut dipimpin Ketua Komdis PSSI Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin TPL Tobing.

Dalam salinan keputusan Komite Disiplin PSSI bernomor 099/L1/SK/KD-PSSI/II/2023 tersebut disebutkan, bahwa telah terjadinya aksi pelemparan botol air mineral yang dilakukan oleh oknum suporter Persib ke arah suporter PSS Sleman di area tribun selatan. Itu diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan terjadinya pelanggaran kode disiplin.

“Merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018, Klub PERSIB dikenakan sanksi denda sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah),” demikian petikan salinan keputusan Komdis PSSI tersebut.

Komdis pun meminta agar pelanggaran tak lagi dilakukan. Jika masih terjadi pelanggaran dalam laga kandang, hukuman lain siap diberikan.

“Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat,” lanjut petikan tersebut.

Bagi Persib, hukuman denda akibat tingkah laku buruk oknum suporter ini bukan yang pertama diterima. Sebelumnya, Persib juga harus bertanggung jawab aksi pelemparan oleh oknum suporter ke lapangan hingga penyalaan flare.

Pada lada kontra PSS Sleman yang dimenangkan Persib dengan skor 2-0 tersebut, tingkah laku buruk oknum suporter tidak hanya di dalam stadion. Namun, di luar stadion dan di area parkir usai pertandingan, sekelompok oknum suporter melakukan aksi provokasi.

11 Oknum Ditangkap

Akibat aksi provokasi tersebut, 11 oknum suporter ditangkap polisi. Setelah melalui tahapan pemeriksaan, polisi memastikan mereka yang diamankan juga positif mengonsumsi narkoba.

“Seperti terhadap oknum suporter yang kedapatan menyalakan flare di dalam stadion, kami juga memberikan sanksi tidak bisa membeli tiket pertandingan Persib” kata Head of Communications Persib Adhi Pratama dalam keterangan resminya, Kamis (9/2/2023).

Kejadian ini menjadi catatan buruk tersendiri bagi Persib dan Bobotoh. Apalagi saat melawan PSS Sleman. Saat itu Stadion GBLA bisa digunakan dengan susah payah karena sedang direnovasi untuk jadi venue Piala Dunia U-20.

Tapi kepercayaan yang diberikan pihak terkait dicederai perilaku oknum Bobotoh yang tak bisa menjaga diri. Akibatnya, yang dirugikan Persib itu sendiri. Bobotoh pun diharapkan ke depan menjadi lebih baik. (ars)

Aris

Recent Posts

Jawa Timur Tambah Emas PON XXI Aceh – Sumut 2024, Setelah Kalahkan Jawa Barat di Cabor Sepak Bola

WWW.PASJABAR.COM -- Kontingen Jawa Barat bertemu kontingen Jawa Timur di final cabor sepak bola PON…

2 jam ago

Dies Natalis FH Unpad, IKANO Undang AHY Kuliah Umum

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad), Ikatan Keluarga…

4 jam ago

Fakultas Teknik Unpas Terima Penghargaan Pembinaan IKM dari Kab Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Fakultas Teknik Universitas Pasundan (FT Unpas) menerima penghargaan sebagai Stakholder Award bagi…

5 jam ago

Gempa 5,0 SR di Kabupaten Bandung: BPBD Jabar dan BNPB Fokus Penanganan Cepat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tim Unit Reaksi Cepat Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (URC Pusdalops PB)…

5 jam ago

Moghaby Abdillah Remaja Berdaya dengan Impian Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Moghaby Abdillah Syarif, atau yang lebih akrab disapa Abe, adalah seorang remaja asal…

6 jam ago

HMM Unpas Sabet 28 Piala di 2024 dan Kuasai Kejuaraan Kart Nasional

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kart Team Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Pasundan (HMM Unpas) berhasil memenangkan 28…

8 jam ago