HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Sosial Rini Mutiara Ningsih Analisis Kebijakan Bursa Kerja di Disnakertrans Kabupaten Serang

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Rini Mutiara Ningsih pada Sabtu (11/2/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Sosial ini berjudul Strategi Implementasi Kebijakan Bursa Kerja Khusus Penempatan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang.

Rini mengatakan penelitian ini didasari oleh fenomena angka pengangguran yang tinggi di Indonesia, khususnya pada tingkat pengangguran terdidik (TPT) lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Serang. Hal ini disebabkan oleh rendahnya penyerapan tenaga kerja lulusan SMK oleh industri dan dunia kerja. Sementara tujuan pendidikan kejuruan adalah untuk menciptakan tenaga kerja yang siap pakai oleh industri.

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana implementasi kebijakan BKK dalam penempatan kerja pada Sekolah Menengah Kejuruan, mengetahui apa saja aspek yang berperan dalam implementasi kebijakan BKK penempatan kerja pada Sekolah Menengah Kejuruan dan merumuskan strategi implementasi kebijakan BKK dalam penempatan kerja pada Sekolah Menengah Kejuruan yang ideal dan efektif,” katanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan BKK penempatan kerja Sekolah Menengah Kejuruan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang belum efektif.

“Strategi yang ideal untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan strategi Diversifikasi, yakni dengan memaksimalkan potensi kekuatan untuk mengatasi atau meminimalkan ancaman dalam kebijakan penempatan kerja oleh Bursa Kerja Khusus di Kabupaten Serang,” jelasnya.

Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Rini Mutiara Ningsih pada Sabtu (11/2/2023). (Foto: ran/pasjabar)

IPK Rini Mutiara Ningsih sebelum sidang terbuka adalah 3.71 dan IPK sidang terbuka 3.78. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Rini Mutiara Ningsih dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.72 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Rini Mutiara Ningsih Selama Kuliah di Universitas Pasundan

Usai sidang, Rini mengaku sangat terharu dan terkesan bisa melanjutkan pendidikan S3 di Unpas.

“Perkuliahan di sini cukup lumayan baik, hubungan dengan dosen baik. Itu semuanya mensupport dan mereka welcome sekali, sangat perhatian dan sangat mensupport,” ucapnya.

Menurutnya, dosen-dosen di Unpas memberikan motivasi yang kuat kepada mahasiswanya, sehingga mahasiswa tetap semangat dan pantang menyerah. (ran)

(Foto: ran/pasjabar)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

9 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

46 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

1 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

3 jam ago