PASPENDIDIKAN

Buku Antologi Haiku Diterbitkan Dekan FISS Unpas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Buku antologi Haiku bertajuk Rhyme of Tears bersama Sharon Lynn Pugh, seniman dan akademisi Indiana University, Bloomington, USA telah diterbitkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS) Universitas Pasundan Dr. Hj. Senny Suzanna Alwasilah, M.Pd.

Dilansir dari unpas.ac.id pada Sabtu (25/2/2023), buku antologi Haiku merupakan puisi Jepang yang hanya terdiri dari tiga baris dan 17 suku kata. Masing-masing tersusun atas 5-7-5 suku kata secara berurutan.

Tidak seperti puisi pada umumnya, Buku Antologi Haiku memiliki pakem khusus. Haiku mesti mengandung kigo atau penanda waktu, seperti pagi, siang, atau malam. Misalnya, suasana malam digambarkan dengan bulan.

Sebagian Haiku ia tulis saat perjalanan Visiting Scholar ke Amerika, 2021 lalu. Selama di Amerika, ia kembali bertemu dengan Sharon yang tak lain adalah dosen pembimbingnya.

Enggan menyia-nyiakan kesempatan, momen pertemuan tersebut lantas ia abadikan menjadi sebuah karya.

Dia menuturkan, buku berisikan 100 Haiku ini jadi karya bersejarah. Selain menjadi antologi Haiku pertama yang ia tulis sendiri. Ia juga mewujudkan mimpinya untuk menerbitkan karya bersama pembimbing panutannya.

Komunitas HaikuKu Pernah Terbitkan Buku Antologi Haiku

Sebelumnya, ia dan anggota komunitas HaikuKu Indonesia juga pernah menerbitkan buku antologi Haiku, seperti Haiku Nanggala, Haiku Pandemi Corona, Haiku Hasanah, dan beberapa antologi Haiku lainnya.

“Saya menulis 80 Haiku, sedangkan Sharon 20. Kebetulan, Sharon memang punya keahlian di bidang sastra. Dia sendiri baru mengenal Haiku, tapi setelah saya perlihatkan karya saya, dia antusias untuk belajar dan ternyata bisa membuatnya,” ujarnya, Jumat (24/2/2023).Buku antologi Haiku ini ditulis dalam dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ia bahkan menerjemahkan sendiri teks bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, karena makna, suku kata, dan pola Haiku dalam bahasa apa pun harus tetap sama.“Proses pengerjaan memakan waktu kurang lebih satu tahun. Sebetulnya banyak yang bisa digarap bersama, seperti jurnal, esai, atau karya akademik lainnya. Tapi itu perlu waktu, data yang cukup, dan duduk bersama untuk menyamakan pemikiran. Ditambah, esai dan jurnal mesti mempertimbangkan kebaruan,” terangnya.

Seni Haiku Sebagai Minimalist in the Extreme

Kata pengantar antologi Haiku Rhyme of Tears ditulis langsung oleh Otsuka Hiroko, doktor program studi Sastra Jepang Universitas Padjadjaran yang mendefinisikan seni Haiku sebagai minimalist in the extreme, menghargai kesederhanaan yang disimbolkan melalui struktur puisi sederhana.

“Karena ini puisi Jepang, saya berusaha mencari orang Jepang asli untuk menuliskan kata pengantar dan akhirnya ditulislah oleh Otsuka Hiroko. Saya tuliskan namanya di sampul buku ‘A Word from Otsuka Hiroko’,” ungkapnya.

Rencananya, buku ini bakal diluncurkan di Soka Gakkai Indonesia, pusat kebudayaan dan lembaga perdamaian dunia yang berisikan orang-orang asal Jepang.

Tidak hanya antologi Haiku, dalam waktu dekat ia dan penulis yang tergabung di Asian Women Writers Association (AWWA) akan meluncurkan antologi puisi dan cerpen untuk diterbitkan pada ulang tahun AWWA, April mendatang.

“Saya juga sedang menggarap puisi dengan kenalan saya di Amerika. Karena saya berkecimpung di bidang sastra, jadi proyek yang dikerjakan masih seputar itu. Kemarin puisi saya dimuat di salah satu majalah Korea dan diterjemahkan ke bahasa Korea. Hal tersebut tentu jadi kebangaan tersendiri bagi saya,” pungkasnya. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

59 menit ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

2 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

3 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

4 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

5 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

6 jam ago