PASJABAR

Kantor SAR Bandung Tanam 500 Bibit Mangrove di Cirebon

ADVERTISEMENT

CIREBON, WWW.PASJABAR.COM — Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bandung melaksanakan penanaman 500 bibit mangrove di Muara Pantai Bondet. Desa Grogol, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jumat, (24/2/2023). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT Basarnas ke 51.

Penanaman 500 bibit mangrove ini bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan Mina Citra Lestari. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai unsur seperti, Dharma Wanita Persatuan Kantor SAR Bandung beserta pengurus, Kodim 0614 Cirebon, Lanal Cirebon, Polresta Cirebon, Satpol air Polres Cirebon, Sat Brimob Det C Cirebon, Dinas Perhutanan Cirebon serta potensi SAR yang tergabung di Forum Komunikasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3).

“Pelaksanaan penanaman mangrove diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Basarnas untuk menjaga lingkungan dan keberlanjutan bumi kita. Penanaman mangrove tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan tapi juga berkontribusi pada mitigasi perubahan iklim,” kata Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril dalam sambutannya.

“Banyak aktivitas di kehidupan yang menghasilkan emosi karbondioksida sehingga membuat suhu bumi semakin hangat dan mendorong terjadinya perubahan iklim. Oleh sebab itu, diperlukan upaya penyerapan karbon yang maksimal. Salah satunya dengan penanaman mangrove,” sambungnya.

Dia berharap semoga dengan penanaman mangrove pada peringatan ulang Tahun Basarnas ke 51 ini dapat memberikan kontribusi positif pada lingkungan dan masyarakat.

Selain melaksanakan pengamanan mangrove, dalam rangka HUT Basarnas ke 51, Kantor SAR Bandung juga telah melaksanakan donor darah pada Selasa (22/2/2023) serta akan memberikan bantuan sosial kepada anak-anak terdampak gempa bumi Cianjur pada Senin (27/2/2023). (fal)

Fal Ulul Ilmi

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

22 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

52 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago