PASOLAHRAGA

Berbahayanya Tim Papan Bawah Saat Hadapi Persib Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Persib Bandung secara mengejutkan kalah 1-2 oleh Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Senin (27/2/2023). Itu membuktikan jika tim papan bawah punya kekuatan mengerikan saat menghadapi Persib.

Persib Bandung sendiri sebenarnya punya catatan apik saat melawan Barito. Meski laga kerap berlangsung sengit, Persib lebih mendominasi kemenangan atas ‘Laskar Antasari’.

Bahkan, Persib Bandung pernah punya kenangan manis saat menang dengan skor telak di kandang Barito. Di tahun yang sama, Persib pada akhirnya menjuarai ISL 2014.

“Di tahun 2014 kita main di sini kita menang 2-0 dan tahun itu kita juara,” ujar bek Persib Achmad Jufriyanto.

Namun, ia tak mau menerawang jauh ke laga kontra Barito yang sudah pernah dilalui sebelumnya. Ia ingin fokus mengomentari kekalahan Persib kali ini.

Ia memandang kesulitan menghadapi tim yang secara posisi di klasemen ada di bawah. Barito sendiri ada di posisi ke-16 dan tengah berupaya bangkit agar bisa ke papan tengah.

Semangat itu terbukti jadi kekuatan berbahaya Barito. Buktinya mereka bisa mengalahkan Persib.

“Lebih sulit melawan Barito yang secara kelas berada di bawah, bukan mengurangi respek saya terhadap Barito, setiap tim yang ada di bawah kita selalu berambisi bagaimana cara mengalahkan kita,” ungkap Jupe, sapaan akrabnya.

Lawan Persib Akan Mendadak Mengerikan

Situasi serupa menurutnya juga pasti dialami tim papan atas lainnya saat ini. Lawan-lawannya akan menghadapi dengan semangat berlipat dan mendadak mengerikan.

“Itu terjadi bukan hanya Persib, mungkin PSM dan Persija tim-tim di papan atas setiap melawan tim di bawah mereka akan lebih sulit, karena akan ada motivasi untuk mengalahkan tim yang ada di atas, jadi itu dinamikanya,” tuturnya.

Jupe menilai kondisi itu merupakan hal wajar. Sebab ada motivasi tersendiri bagi sebuah tim ketika menghadapi tim papan atas, apalagi kandidat juara.

“Normalnya seperti itu memang, akan lebih sulit melawan tim secara klasemen, maaf, berada di bawah kita, dan memamg mereka memiliki motivasi untuk berada di atas lebih baik dan mereka ingin memberikan kejutan untuk mengalahkan kita,” kata Jupe.

Berkaca dari hal itu, Persib jelas ke depan harus lebih waspada dalam menghadapi setiap lawan. Apalagi lawan yang akan dihadapi Persib di sisa laga semuanya secara posisi berada di bawah ‘Maung Bandung’.

Ini jadi tantangan tersendiri agar Persib tidak mudah terlena dengan statusnya saat ini. Sebab Barito sudah membuktikan bisa mengalahkan Persib. (ars)

Aris

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

15 jam ago