HEADLINE

Unpas Bersama Aspikom Jabar Kerjasama dengan Kampus Thailand

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMProdi Ilmu Komunikasi dan Prodi  Magister Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan (UNPAS), bersama ASPIKOM JABAR melakukan penandatangan MoU dan MoA serta kegiatan diskusi sharing program Prodi Ilmu Komunikasi, dengan Rajamanggala University dan Pathum Thani University Bangkok , Thailand yang dilaksanakan mulai tanggal 28 februari sampai 1 Maret 2023.

Dihubungi Pasjabar, Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan (UNPAS) Dr. Sutrisno, S.Sos, M.si. menyebutkan, kerjasama tersebut merupakan salah satu program rutin yang diselenggarakan ASPIKOM Jabar.

“Kerjasama ini dilakukan ASPIKOM Jabar untuk berbagai kegiatan dengan kampus di Thailand khususnya bidang penelitian, risert Jurnal, pengabdian masyarakat, student excenge dan visiting professor dan join riset,” ujarnya.

Sementara dari Ilmu Komunikasi Strata 1 UNPAS diwakili oleh Dr. Nuratih Devi Affandi, dan beberapa kampus lain yang mengirimkan wakilnya diantaranya UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Islam Bandung, Univ Muhammadiah Cirebon, dan USB Sanggabuana.

(foto : ist)

Ikut hadir juga  Prof. Dr. Hj. Neni Yulianita, M.S. Prof. Dr. Ike Junita Triwardhani, M.Si, Dr. Dedeh Fardiah, M.Si, Dr. Tresna Wiwitan, M.Si, Indri Rachmawati, S.Sos , M.I.Kom, Drs. Alex Sobur, M.Si, Dr. Ferry Darmawan , MDs, Dr. Betty Tresnawaty, M.I.Kom, Dyah Rahmi Astuti, S.Sos., M.Si, CPR, Pupi Indriati Z jaelani, S.Sos ., M.Si, Ida Riaeni, S.Sos., M I.kom.

“Kami dari prodi-prodi Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam ASPIKOM mengirimkan wakil -wakilnya dalam kerjasama ini,” ujar Sutrisno yang merupakan Pembina ASPIKOM.

Ia berharap setelah kerjasama tersebut maka akan terjalin hubungan yang baik dengan beberapa perguruan tinggi di Thailand, bukan hanya dengan Universitas Rajamandala dan Urapa University Thailand saja namun nanti akan menyusul kampus lainnya di Thailand.

(foto : ist)

Sementara itu, Presiden ASPIKOM Jabar, Dr. Hj. Ani Yuningsih, M.Si, pemilihan kerjasama dengan kampus di Thailand dikatakan karena ASPIKOM menilai jika saat ini Pendidikan tinggi di Thailand sudah banyak yang bertaraf internasional, khususnya untuk Ilmu Komunikasi.

“Dalam beberapa universitas di Thailand lebih unggul baik teknologi, budaya dan juga khususnya pariwisata. Mereka pandai memikat minat wisatawan internasional untuk berkunjung ke Thailand.  Artinya pemerintah bisa mengendalikan keamanan wisata destinasi dan mungkin produk internal,” katanya.

Bahkan di kampus Thailand Pendidikan tingginya dikembangan sedemikian rupa, apalagi Perguruan Tinggi sudah diarahkan ke roadmap pemerintah tidak asal berdiri dan jalan sendiri.

(Foto : ist)

“Apa yang dilakukan Perguruan Tinggi bahkan penelitian sendiri sudah diatur dalam road map pemerintah yang harus dilaksanakan. Itu salah satu yang patut ditiru karena di Indonesia road map nya belum menginduk jadi kita butuh pengalaman baru dengan khususnya dengan negara tetangga kita,” paparnya.

Sutrino menyebutkan beberapa hal yang akan segera dilakukan oleh Unpas seperti student excenge SI dan S2 untuk megikuti perkuliahan 1 sampai 6 bulan di kampus di Thailand begitupun sebaliknya. (tie)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

8 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

9 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

10 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

11 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

11 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

11 jam ago