PASBUDAYA

Siswa SMP Negeri 2 Cianjur Perkenalkan Kebudayaan Jawa Barat di Jepang

ADVERTISEMENT

CIANJUR, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak sembilan siswa SMP Negeri 2 Cianjur akan memperkenalkan budaya Cianjur dan Jawa Barat kepada Jepang.

Dilansir dari ANTARA, kegiatan tersebut dalam rangkaian program pertukaran pelajar dengan siswa SMP di Kota Yachimata, Jepang, selama satu pekan.

“Sejak jauh hari kami sudah mempersiapkan berbagai pelatihan keahlian untuk siswa terpilih sebelum diberangkatkan,” kata Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur Helmi Halimudin, Kamis (9/3/2023).

“Sembilan orang siswa itu akan didampingi pembimbing yang sudah ahli dan mengetahui lingkungan Jepang, mereka akan memperkenalkan kesenian angklung di hadapan pelajar Jepang dan sejumlah kebudayaan Cianjuran, termasuk Kecapi suling,” sambungnya.

Helmi menjelaskan selama di Yachimata pelajar asal Cianjur akan tinggal di rumah orang tua angkatnya masing-masing, sehingga mereka akan belajar tentang kebiasaan dan kebudayaan pelajar Jepang sehari-hari, mulai dari berangkat hingga pulang sekolah.

Sebaliknya setelah pelajar Cianjur pulang, sembilan orang pelajar setingkat SMP di Jepang, akan menjalani pertukaran selama sepekan di Cianjur untuk belajar dan mengajarkan kebudayaan khas mereka pada pelajar di SMP Negeri 2 Cianjur.

“Selama satu pekan mereka akan memperkenalkan budaya bermain angklung dan kecapi. Kami sudah melatih mereka untuk membawakan lagu Jepang diiringi angklung dan lagu Indonesia pusaka,” ucapnya.

Helmi menambahkan pertukaran pelajar SMP antar-negara itu merupakan pertama kali di Cianjur. Pasalnya selama ini, sebagian besar program pertukaran pelajar dari tingkat SMA sederajat atau mahasiswa.

“Ini sebuah kebanggaan untuk Cianjur, terutama siswa SMP yang berangkat memperkenalkan kebudayaan khas Cianjur di Negeri Sakura. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemkab dan Disdikpora Cianjur,” pungkasnya. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

36 menit ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

7 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

9 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

9 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

10 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

10 jam ago