PASJABAR

Menuju Notaris Produktif dan Progresif, MKN Gandeng IKANO Unpad Luncurkan 3 Buku

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Program Studi Magister Kenotariatan Unpad berkolaborasi dengan IKANO Unpad menggelar peluncuran buku dan diskusi dengan tema “Menuju Notaris yang Proaktif  dan Progresif terhadap Pekembangan Hukum Nasional” pada Selasa (21/3/2023) di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur Kota Bandung.

Adapun buku yang diluncurkan adalah “Akta Perjanjian Praperkawinan dan Pascaperkawinan” oleh Dr. Habib Adjie. SH., M.Hum.

Buku ke dua berjudul “Jangan Serakah atas Harta Warisan” yang ditulis oleh Dr. I Made Pria Dharsana, SH. M.Hum.

Buku ke tiga berjudul “Notaris dan Kontrak Terkait Pembiayaan Berbasis Kekayaan Intelektual” yang ditulis oleh Dr. Ranti Fauza Mayana, SH., Tisni Santika SH, MH. dan Zahra Cintana, SH., MH.

Ketiga buku tersebut dipaparkan oleh setiap penulis dan dikupas dalam diskusi oleh Guru Besar FH Unpad, Prof.Dr.Sonny Dewi Judiasih, SH,M.H., CN dan dimoderatori oleh lwan Ahmad Dwikora, SH.

Ketua Umum IKANO UNPAD, Dr. Ranti Fauza Mayana, SH. dalam sambutannya memaparkan bahwa mengingat hukum bersifat dinamis, maka idealnya suatu hukum dapat dilihat dari kesesuaian hukum itu sendiri dengan perkembangan zaman yang senantiasa terus mengalami perubahan.

“Dinamika kehidupan mengakibatkan hukum itu tidak tidur. Hukum positif yang berlaku sebagai ius constitutum harus senantiasa mengimbangi setiap perubahan dalam kehidupan manusia yang tidak statis,” ungkapnya.

Jabatan Notaris sebagai pejabat publik, sambung Ranti memiliki peran sentral dalam pelaksanaan berbagai kepentingan hukum khususnya dalam hal ini mengenai pembuatan Akta autentik atas setiap perbuatan, perjanjian dan penetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan dan atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam Akta autentik.

“Sehingga Notaris harus selalu proaktif dan progresif dalam mengikuti dan menyesuaikan setiap perkembangan yang ada berkenaan dengan ruang lingkup pekerjaannya,” ulasnya.

Ranti melanjutkan bahwa dengan semakin pesat dan masifnya modernisasi yang merupakan suatu keniscayaan diharapkan tidak membawa dampak buruk bagi seluruh generasi bangsa Indonesia dalam hal penurunan minat baca masyarakat Indonesia.

“Dengan teknologi yang semakin maju diharapkan tidak mengakibatkan terkikisnya budaya membaca Indonesia. Karena dengan membaca dapat menjadikan kita sebagai insan yang pintar, pandai dan cerdas karena ilmu tidak akan ada habisnya selama kita terus mencari dan menggali,” ungkapnya.

Adapun Kaprodi Magister Kenotariatan Unpad, Dr.Anita Afriana, SH,MH menyampaikan bahwa ia sangat mengapresiasi peluncuran buku dan diskusi ini.

“Menghasilkan buku merupakan tanda bahwa notaris tersebut aktif dan progresif. semoga kegiatan ini memberikan wawasan dan nilai positif kepada kita semua,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan FH Unpad, Dr. Idris, SH, MA. juga mengungkapkan bahwa tema kajian yang diambil pada setiap buku ilmiah di peluncuran buku kali ini sangat menarik minat pembaca dan memancing rasa keingintahuan kita dengan keadaan dan perkembangan yang terjadi dewasa ini.

“Tinggi rendahnya penerbitan buku baik dalam bentuk cetak maupun elektronik merupakan salah satu indikator maju mundurnya suatu bangsa dalam ilmu pengetahuan. Untuk itu saya sangat mengapresiasi acara peluncuran buku ini yang dapat terselenggara berkat kerja sama antara Program Studi Magister Kenotariatan UNPAD dan Ikatan Keluarga Alumni Notariat UNPAD karena dengan dengan terselenggaranya acara peluncuran buku ini, maka kita telah berkontribusi dalam memajukan ilmu pengetahuan,” tandasnya.

Guru Besar FH Unpad, Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, S.H., M.H., FCBArb. pun menyambut baik dan mengucapkan selamat serta apresiasi kepada para penulis atas peluncuran buku yang dapat menambah referensi hukum kenotariatan serta ilmu hukum pada umumnya.

“Sehingga ilmu hukum, sebagai ilmu yang tidak terlepas dari perkembangan masyarakat yang dinamis dapat selalu berupaya bergerak, tumbuh, adaptif dan progresif seiring dengan perkembangan masyarakat sendiri,” sambungnya.

Ia melanjutkan bahwa peluncuran dan diskusi buku ini jusangat menarik terlebih menghadirkan Prof.Dr.Sonny Dewi Judiasih untuk membahas lebih lanjut terkait buku tersebut.

“Saya mengucapkan selamat, buku-buku yang diluncurkan pada hari ini ditulis oleh notaris terkemuka. pembahasan buku ini juga diberikan oleh seorang paka Prof Sonny dan ini menambah nilai majelis ilmiah pada hari ini, karena buku yang ditulis dikomentari oleh ahlinya,” tandasnya.

Ketua MPR RI, Dr. H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A. yang juga hadir secara virtual untuk memberikan sambutan mengatakan bahwa merujuk pada data Perpustakaan Naisonal (Perpusnas) tahun 2022 mengenai Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat Indonesia, tingkat kegemaran membaca masyaraat Indonesia berada di angka 63,9 poin.

Poin tersebut mengalami peningkatan sebanyak 7,4% dibandingkan dengan data tahun 2021 mengenai tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia yang pada saat itu berada di angka 59,52 poin. Padahal beberapa tahun sebelumnya, tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia masih berada di kategori sedang.

“Untuk itu, saya berharap frekuensi membaca masyarakat Indonesia akan
terus mengalami peningkatan dari segi poin setiap tahunnya, yang mana hal tersebut tentu perlu didukung dengan adanya infrastruktur berupa
ketersediaan buku bacaan yang berkualitas dan dapat dijadikan sebagai rujukan serta referensi bacaan masyarakat Indonesia,” tuturnya.

“Melalui acara peluncuran buku ini saya berharap kuantitas penerbitan buku dan kualitas buku di Indonesia akan terus meningkat secara signifikan dan berkesinambungan,” tandasnya. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

2 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

2 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

5 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

12 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

13 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

14 jam ago