HEADLINE

Riko Simanjuntak Menggila, Persib Dikalahkan Persija

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Persib Bandung kalah 0-2 oleh Persija Jakarta dalam laga tunda putaran kedua Liga 1 2022/2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (31/3/2023) malam.

Riko Simanjuntak jadi mimpi buruk Persib dalam laga ini. Ia mencetak satu gol dan satu assist. Sedangkan satu gol lainnya dicetak Michael Krmencik.

Jalannya Pertandingan

Jalan berjalan sengit sejak menit pertama. Kedua tim memeragakan permainan cepat. Namun hingga 10 menit pertama, gawang kedua tim masih perawan.

Menit ke-15 Persija memiliki peluang melalui serangan balik. Aji Kusuma melepas sepakan di kotak penalti usai berduel dengan Igbonefo. Tapi bola sempat mengenai Igbonefo, sehingga Reky dengan mudah mengamankan gawang.

Aji Kusuma kembali memberi ancaman melalui sundulannya pada menit ke-22. Dengan cerdik, ia bisa mencari celah di kotak penalti untuk menyundul umpan dari Syahrian Abimanyu. Tapi bola bergerak lemah dan mudah ditangkap Reky Rahayu.

Serangan balik melalui Witan, Riko, dan diakhiri sundulan Aji nyaris membuat Persija unggul pada menit ke-35. Beruntung bagi Persib, bola mengarah dengan lemah ke arah gawang dan dengan mudah ditangkap Reky.

Menit ke-37 Igbonefo menyundul bola di kotak penalti usai memaksimalkan umpan Robi Darwis. Andritany menangkap bola tanpa kesulitan.

Reski Fandi melepas tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-45. Kali ini bola meluncur jauh menuju sasaran.

GOL! Persija unggul saat injury time babak pertama, tepatnya menit ke-45+3. Ia sukses memanfaatkan kesalahan lini belakang Persib dan melepas tendangan yang bersarang mulus ke gawang Persib. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, tensi permainan semakin tinggi dan permainan cepat diperagakan kedua tim. Peluang pun hadir bagi Persib pada menit ke-52 melalui sundulan Nick Kuipers. Namun bola melenceng dari sasaran.

Serangan balik Persib pada menit ke-57 sempat membuat lini belakang kerepotan. Tapi umpan tarik yang dikirim Ciro ke mulut gawang berhasil dihalau Reski Fandi. Selamat gawang Persija.

Tiga pemain baru dimasukkan pelatih Luis pada menit ke-57, yaitu Kakang Rudianto, Ricky Kambuaya, dan Beckham Putra. Mereka menggantikan Victor Igbonefo, Frets Butuan, dan Marc  Klok.

Menit ke-66 keributan pecah saat terjadi benturan antara Kakang dan Syahrian Abimanyu. Namun beberapa saat kemudian Kakang dikeroyok beberapa pemain Persija yang menyulut emosi para pemain Persib. Tapi pemain akhirnya bisa ditenangkan dan laga kembali berjalan.

GOL! Persija secara mengejutkan mencetak gol kedua melalui Michael Krmencik pada menit ke-71. Itu merupakan peluang pertamanya sejak masuk ke lapangan yang langsung menjadi gol.

Gol ini berawal dari umpan melengkung yang dikirimkan Riko Simanjuntak. Krmencik yang tanpa pengawalan mampu menyundul bola dengan leluasa. Bola mengarah ke tiang jauh dan tak mampu dijangkau Reky Rahayu. Skor 2-0 untuk Persija.

Semenit berselang, Persib memiliki peluang melalui Kakang Rudianto. Tapi bola melenceng tipis ke kiri gawang.

Laga berjalan semakin sengit dan keras. Bahkan beberapa kali pemain dari kedua terlibat benturan keras dan bersitegang.

Menit ke-90 Persib memiliki peluang emas melalui sepakan Ricky Kambuaya di kotak penalti. Sial, bola melenceng tipis dari sasaran. Peluang Ciro pada menit 90+1 juga tak membuahkan hasil. Bola dengan mudah ditangkap Andritany.

Hingga akhir laga, skor 2-0 untuk keunggulan Persija tetap bertahan. Persib pun harus pulang dengan tangan hampa.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa (GK), Ilham RIo Fahmi (87′ Nico), Syahrian Abimanyu (79′ Dony Tri Pamungkas), Firza Andika, Ondrej Kudela, Hansamu Yama, Resky Fandi, Riko Simanjuntak (87′ Osvaldo Haay), Witan Sulaeman (68′ Hanif Sjahbandi), Aji Kusuma (68′ Michael Krmencik)

Persib Bandung: Reky Rahayu (GK), Nick Kuipers, Daisuke Sato, Victor Igbonefo (58′ Kakang Rudianto), Rachmat Irianto, Frets Butuan (58′ Ricky Kambuaya), Dedi Kusnandar (73′ Ezra Walian), Robi Darwis, Marc Klok (58′ Beckham Putra), Ciro Alves, David da Silva. (ars)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Hari Pertama Kampanye, Ronald Surapradja Sapa Warga Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Ronald Surapradja, memulai masa…

2 jam ago

Mensos Tinjau Penyaluran Bantuan Korban Gempa Bandung Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial Saifullah Yusuf melakukan kunjungan kerja ke posko utama penanganan gempa…

3 jam ago

BRIN Jelaskan Fenomena ‘Bulan Kembar’: Bukan Bulan Kedua, Hanya Asteroid

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menjelaskan fenomena…

4 jam ago

STKIP Pasundan Cimahi Penyumbang Atlet, Medali Terbanyak Jabar Hattrick PON

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – STKIP (Sekolah Tinggi Kependidikan dan Ilmu Pendidikan) Pasundan Cimahi, menjadi kampus penyumbang…

5 jam ago

Bobotoh Persib Kompak Keluarkan Pernyataan Sikap

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah organisasi Bobotoh Persib kompak mengeluarkan pernyataan sikap bersama menyikapi persoalan…

5 jam ago

Mensos Hadiri Wisuda Lulusan Poltekesos: Siap Hadapi Tantangan Sosial

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial RI, Saifullah Yusuf, hadir dalam wisuda program magister dan sarjana…

6 jam ago