HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Manajemen Wala Erpurini Analisis Pengaruh Daya Tarik Pasar untuk Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Bandung Raya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen, Wala Erpurini pada Rabu (12/4/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Manajemen ini berjudul Pengaruh Daya Tarik Pasar, Pasar Sasaran dan Keunikan Sumber Daya Terhadap Digital Marketing Implikasinya Pada Keputusan Memilih Perguruan Tinggi (Survei pada Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Metropolitan Bandung Raya).

Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas), Doktor Ilmu Manajemen, Wala Erpurini. (Foto: ran/pasjabar)

Wala mengatakan oersaingan perguruan tinggi di metropolitan Bandung Raya menyebabkan berbagai perguruan tinggi menggunakan digital marketing dalam program pemasarannya.

Penggunaan digital marketing ini didasarkan pada pertimbangan daya tarik pasar, pasar sasaran dan keunikan sumber daya yang dimiliki sehingga diharapkan dapat meningkatkan keputusan memilih perguruan tinggi yang menjadi minat calon mahasiswa.

“Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 388 mahasiswa pada 14 perguruan tinggi yang menggunakan digital marketing di wilayah metropolitan Bandung Raya,” katanya.

Hasil Penelitian

Wala menjelaskan berdasarkan hasil perhitungan dengan analisis SEM, terlihat bahwa variabel Daya Tarik Pasar, mempunyai pengaruh langsung sebesar 11,88%, dan pengaruh tidak langsungnya melalui Pasar Sasaran dan Keunikan Sumber Daya adalah masing-masing sebesar 6,54%, dan 6,67%.

Variabel Pasar Sasaran, mempunyai pengaruh langsung sebesar 11,36%, dan pengaruh tidak langsungnya melalui Daya Tarik Pasar dan Keunikan Sumber Daya, masing-masing sebesar 6,54% dan 5,85%, variabel Keunikan Sumber Daya, mempunyai pengaruh langsung sebesar 12,95%, dan pengaruh tidak langsungnya melalui Daya Tarik Pasar dan Pasar Sasaran, masing-masing adalah sebesar 6,67% dan 5,85%.

“Hasil perhitungan Koefisien determinasi (R2) yang dinyatakan dalam persentase mengambarkan besaran kontribusi tiga variabel eksogen, yaitu: Daya Tarik Pasar, Pasar Sasaran, dan Keunikan Sumber Daya terhadap Kepercayaan Masyarakat sebesar 74,31%. Sedangkan besarnya kontribusi variabel intervening, yaitu Digital Marketing terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi adalah sebesar 79,74%,” tambahnya.

IPK Wala Erpurini sebelum sidang terbuka adalah 3.62. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Wala Erpurini dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.65 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Wala Erpurini Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas), Doktor Ilmu Manajemen, Wala Erpurini. (Foto: ran/pasjabar)

Wala mengatakan Pascasarjana Unpas sangat memberikan inspirasi untuknya karena tim pengajarnya dapat kooperatif. “Jadi saya bisa lulus tepat waktu dan bisa memberikan kontribusi yang baik,” katanya.

Ia berharap Pascasarjana Unpas ke depan bisa terus mengembangkan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), baik dari tim pengajar maupun dari jurusan yang bisa dikembangkan dengan  doktoral ilmu manajemen atau ilmu-ilmu yang lain. (ran)

(Foto: ran/pasjabar)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

43 menit ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

45 menit ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

46 menit ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

2 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

3 jam ago