HEADLINE

Mantan Hakim Agung Prof. Komariah E. Sapardjaja Meninggal Dunia

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Mantan Hakim Agung yang juga seorang Guru Besar di Universitas Padjajaran (Unpad) Prof. Dr. Komariah Emong Sapardjaja meninggal dunia pada usia 79 tahun di kediamannya di Tangerang Selatan, Rabu (26/4/2023) pukul 00.30 WIB.

Almarhumah Prof. Komariah E. Sapardjaja merupakan Guru Besar Purnabakti pada Fakultas Hukum Unpad. Lahir di Bandung, 31 Juli 1943.

Almarhumah menyelesaikan studi Sarjana di FH Unpad (saat itu Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Alam) pada 1967. Pada tahun itu pula, Prof. Komariah diangkat menjadi pengajar tetap hingga pensiun pada 2013.

Prof. Komariah menyelesaikan studi Doktor di FH Unpad pada Februari 1993 dan diangkat menjadi Guru Besar pada 2003 dengan kepakaran di bidang hukum pidana dan HAM.

Jabatan tertinggi almarhumah di luar karier akademik adalah menjadi Hakim Ad Hoc HAM pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (2001-2006) dan Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI (2007-2013).

Penghormatan Terakhir untuk Almarhumah Prof. Komariah

Almarhumah Prof. Komariah mendapat penghormatan terakhir oleh keluarga besar Unpad dan kerabat dalam upacara pelepasan yang digelar di Masjid Al-Jihad Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Rabu (26/4/2023). Almarhumah dilepas secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H.

Dalam sambutannya Prof. Ida menyampaikan, almarhumah Prof. Komariah E. Sapardjaja merupakan sosok yang membanggakan bagi perjalanan Unpad. Hal ini disebabkan, mantan Hakim Agung ini tidak hanya berkiprah sebagai dosen. Namun juga berkiprah di dunia praktisi sebagai Hakim Ad Hoc HAM dan Hakim Agung.

“Beliau banyak terlibat dalam berbagai penyelesaian sengketa hukum. Saya kira ini menjadi warisan yang sangat besar bagi dunia hukum dan dunia pendidikan,” kata Prof. Ida.

Hal senada disampaikan perwakilan pihak Mahkamah Agung RI Catur Iriantoro. Menurutnya, saat mengabdi sebagai Hakim Agung, banyak sekali jasa almarhumah untuk perkembangan dan kemajuan bidang hukum. “Secara khusus beliau berjasa sebagai penegak hukum dan keadilan,” kata Catur.

Sebagai seorang guru besar yang mengemban tugas di MA, almarhumah dinilai sangat dekat muridnya yang sebagian merupakan pegawai di lingkungan MA. “Beliau sangat memberikan perhatian dan support demi kelancaran studi,” imbuhnya.

Usai menjalani upacara pelepasan, almarhumah Prof. Komariah E. Sapardjaja kemudian dimakamkan di TPU Sirnaraga Kota Bandung. Selama jalan Prof. Komariah. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Mensos Hadiri Wisuda Lulusan Poltekesos: Siap Hadapi Tantangan Sosial

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial RI, Saifullah Yusuf, hadir dalam wisuda program magister dan sarjana…

23 menit ago

Pameran Otomotif Terbesar, GIIAS Bandung 2024 Siap Digelar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2024 akan digelar…

1 jam ago

Mensos Soroti Tantangan Kesejahteraan Sosial untuk Generasi Muda

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial (Mensos) Saifullah Yusuf menyoroti sejumlah tantangan kesejahteraan sosial yang…

2 jam ago

Harga Pangan Terkini: Telur dan Ayam Naik, Beras Premium Turun Tipis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat adanya fluktuasi harga sejumlah komoditas pangan pada…

3 jam ago

Disdukcapil Adakan Pencatatan Akta Perkawinan untuk 58 Pasangan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung kembali menyelenggarakan kegiatan Pencatatan…

4 jam ago

Kemensos Hadirkan Sekolah Darurat untuk Siswa Penyintas Gempa di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Kementerian Sosial (Kemensos) telah mendirikan sekolah darurat di delapan lokasi untuk memenuhi…

5 jam ago