HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Sosial Eka Surya Lesmana Analisis Model Collaborative Governance Pembangunan Sektor Pariwisata di Banten Selatan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Eka Surya Lesmana pada Kamis (11/5/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Sosial ini berjudul Model Collaborative Governance Pembangunan Sektor Pariwisata di Wilayah Banten Selatan Provinsi Banten.

Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas), Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Eka Surya Lesmana pada Kamis (11/5/2023). (Foto: ran/pasjabar)

Eka mengatakan permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah belum terintegrasikannya berbagai siakeholders dengan kelemahan infrastruktur pada Pembangunan Sektor Pariwisata di Wilayah Banten Selatan Provinsi Banten dalam model Collaborative Goverenance.

“Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Hal ini bertujuan untuk menemukan jawaban atas masalah penelitian dalam rangka memberikan gambaran yang komprehensif dan mendalam terhadap Model Collaborative Goverenance dalam pembangunan sektor kepariwisataan di wilayah selatan Banten, Provinsi Banten,” katanya.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model collaborative governance dalam mewujudkan pembangunan sektor kepariwisataan di Wilayah Banten Selatan Provinsi Banten yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) Provinsi Banten yang mengintegrasikan antara kegiatan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

Eka menjelaskan permasalahan sebelumnya bahwa Collaborative Governance belum berjalan Sinergis antar stakeholders sehingga belum sepenuhnya mampu mendukung pembangunan sektor kepariwisataan secara optimal.

“Berdasarkan pada hasil studi ini, Peneliti menemukan sebuah model yakni kepemimpinan yang kuat men-drivers stakeholder dan transparansi program,” ujarnya.

Menurutnya, kepemimpinan dan transparasi sangat dibutuhkan khusunya masyarakat banten yang ikatan agama dan tradisinya kuat. Transparansi menjadi kunci kepercayaan semua stakeholder, menjadi masalah bersama dan bersama memecahkan masalah.

IPK Eka Surya Lesmana sebelum sidang terbuka adalah 3.65 dan IPK sidang terbuka 3.61. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Eka Surya Lesmana dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.64 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Eka Surya Lesmana Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Eka Surya Lesmana. (Foto: ran/pasjabar)

Eka mengaku sangat senang berkuliah di Pascasarjana Unpas. Dirinya merasa sudah dianggap keluarga oleh Pascasarjana Unpas. Selama berkuliah ia dihadapkan dengan berbagai pilihan untuk menyelesaikan studinya.

“Disamping saya harus menyelesaikan kuliah saya, saya juga punya pekerjaan, keluarga, tapi alhamdulillah dengan saya bisa mensinkronkan itu semua,” katanya.

Ia berharap semoga Pascasarjana Unpas tetap solid dan silaturahmi tetap terjalin.

“Maju terus Unpas di masa yang akan datang,” katanya. (ran)

Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Eka Surya Lesmana pada Kamis (11/5/2023). (Foto: ran/pasjabar)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

1 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago