HEADLINE

Pengurus BEM Unpas Dilantik, Siap Perkuat Sinergi Dan Hidupkan Atmosfer Akademik

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pasundan memasuki babak baru. Pasca terpilihnya Presiden Mahasiswa (Presma) melalui Kongres Luar Biasa (KLB) di Vila Joglo, Lembang, 17-19 Maret lalu, pengurus BEM Unpas periode 2023-2024 akhirnya dilantik, Senin (5/6/23).

Berdasarkan hasil kongres, mahasiswa prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) M. Reza Zakki Maulana terpilih dan diberi mandat sebagai Presma BEM Unpas periode 2023-2024. Sedangkan Wakil Presma diamanatkan kepada M. Ikhsan Maulana, prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum.

Pengurus BEM dilantik langsung oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU., didampingi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. H. Deden Ramdan, M.Si.

Pada sambutannya, Rektor menekankan, dilantiknya BEM Unpas periode 2023-2024 merupakan awal untuk meneguhkan komitmen dan menjalankan program-program produktif selama satu tahun ke depan.

BEM Unpas periode 2023-2024 juga diminta membangun sinergi dengan kampus, seiring diperolehnya predikat akreditasi Unggul dan transformasi visi institusi menjadi entrepreneurial university.

“Di masa sekarang, yang akan menang bukanlah mereka yang kuat, tapi yang cepat beradaptasi dan hal itu ada dalam diri mahasiswa aktivis,” tegasnya.

Rektor berharap, BEM Unpas menjadi lembaga kemahasiswaan yang mampu mengambil peran besar dalam membentuk karakter mahasiswa, dimulai dari internal kepengurusan.

“Mudah-mudahan, BEM Unpas tidak hanya dirasakan manfaatnya di lingkungan kampus, tapi juga memperluas kerja sama dengan lembaga serupa di perguruan tinggi lain. Melalui kolaborasi, maka mahasiswa dapat ambil bagian dalam tercapainya 8 Indikator Kinerja Utama,” terangnya.

Kolaborasi Jadi Kunci

Sementara itu, Wakil Rektor III Unpas Dr. H. Deden Ramdan, M.Si. menuturkan, program periode 2023-2024 mesti diintegrasikan dengan kegiatan akademik dan mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan program pemerintah, seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), MBKM, program penunjang soft skill, dan sebagainya.

“BEM Unpas, lembaga kemahasiswaan fakultas, UKM harus sinkron dan harmonis. Bangun semangat kolaborasi dan jadikan kewirausahaan sebagai program unggulan pada kabinet BEM Unpas tahun ini,” tuturnya.

Ia meminta untuk menjadi motor penggerak dan membantu mempertahankan status Unpas sebagai kampus bersih narkoba (bersinar) yang telah disandang lebih dari 10 tahun.

“Setelah dilantik, tugas BEM tidak ringan. Saya pesan, laksanakan kegiatan sesuai SOP, jadi lembaga yang akuntabel, terbuka, dan pelihara nama baik kampus. Kemahasiswaan juga berupaya transparan dan seterbuka mungkin,” titipnya.

Presma terpilih M. Reza Zakki Maulana menyebut, ia dan segenap pengurus BEM Unpas periode 2023-2024 siap bersinergi dengan kampus dan membenahi administrasi.

“Kami hadir untuk mengharumkan kampus dan sinergi antar lini memang jadi concern utama kami,” ujarnya.

“Kami berusaha untuk tertib administrasi agar tidak berlarut-larut dan minim dinamika, juga melanjutkan program kerja Pasundan Rise Festival untuk menghadirkan suasana hiburan. Untuk menunjang proses menjadi mahasiswa itu sendiri, akan ada latihan kepemimpinan mahasiswa,” tandasnya. (*/Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

11 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

11 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago