HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Sosial Mira Rosana Bahas Model Manajemen Kolaborasi DAS Citarum Harum

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Mira Rosana pada Rabu (7/6/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Sosial ini berjudul Model Manajemen Kolaborasi Program Pengendalian Pencemaran Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum Harum di Kota Bandung dan di Kabupaten Bandung.

(Foto: ran/pasjabar)

Mira mengatakan persoalan tercemarnya Sungai Citarum di Jawa Barat sejak tahun 2013 hingga World Bank menyatakan pada tahun 2018 Citarum sebagai sungai terkotor di dunia akibat pencemaran limbah berbahaya dari industri dan sampah rumah tangga, menunjukkan buruknya perilaku masyarakat dan ketidakmampuan pemerintah provinsi di dalam mengelola sumber daya alam.

Padahal Sungai Citarum merupakan asset sumber daya alam yang strategis dan penting bagi kehidupan masyarakat Jawa Barat dan DKI Jakarta. Tahun 2018 pemerintah pusat mengambil alih persoalan dengan mengeluarkan Peraturan Presiden No.15 Tahun 2018 untuk ditangani secara kolaborasi yang melibatkan 19 kementerian dan unsur akademisi, pelaku usaha, masyarakat, pemerintah serta media sebagai aktor-aktor pelaksana program.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model manajemen kolaborasi pemerintah Jawa Barat mengimplementasikan dalam program Pencemaran Pengendalian dan Kerusakan (PPK) Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan model manajemen kolaborasi belum efektif di dalam pelaksanaan program, serta memberikan gambaran model manajemen kolaborasi yang efektif untuk diimplementasikan pada program PPK DAS Citarum,” katanya.

Hasil Penelitian

Mira menjelaskan hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Manajemen Kolaborasi Pada Program Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan (PPK) Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum merupakan model kolaborasi multi-actor medium low level yaitu manajemen kolaborasi yang baru dilaksanakan pada tahap mengidentifikasi aktoraktor yang terlibat aktif di dalam pelaksanaan Program PPK DAS Citarum.

“Dari tujuh faktor yang dijadikan pisau analisis hanya tiga faktor yang berjalan efektif yaitu faktor Organizational realities of administrating public programs, faktor processing deep collaboration dan new public organization,” ujarnya.

Menurutnya ke-empat faktor lainnya belum efektif dilaksanakan the conductive nature of public agency, forging agreement, managing agency connection, identification adn overcoming the barriers serta new public organization disebabkan karena belum adanya grand design program.

“Belum adanya dukungan lembaga kolaborasi formal, belum tersedia fasilitas yang mendukung dan belum optimalnya fungsi manajemen kolaborasi yang dilaksanakan pada program PPK DAS Citarum,” tambahnya.

(Foto: ran/pasjabar)

IPK Mira Rosana sebelum sidang terbuka adalah 3.66 dan IPK sidang terbuka 3.80. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Mira Rosana dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.69 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Mira Rosana Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

(Foto: ran/pasjabar)

Mira mengatakan Pascasarjana Unpas tidak hanya memberikan materi-materi dan teoritik. Namun ada silaturahmi dan nilai kemanusiaan dan kasih sayang dibangun dan ditanamkan.

“Karena value, kemanusiaan akan membuat manusia itu sendiri sadar bahwa apa yang dia butuhkan adalah menyebarkan ilmu dan kasih sayang,” ucapnya.

(Foto: ran/pasjabar)

Mira berharap Pascasarjana Unpas untuk ke depannya banyak membuat hubungan-hubungan antar lembaga dan komunitas. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

1 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

2 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

3 jam ago

David da Silva Bakal Main di Laga Madura United Vs Persib Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Angin segar datang bagi Persib Bandung. Sang striker andalan, David da Silva,…

4 jam ago

Usai Hadapi Madura United, Persib Langsung Tancap Gas ke China

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung benar-benar disiksa dengan jadwal padat. Selain tampil di Liga 1…

5 jam ago

Tanggap Darurat Gempa, Pemkab Bandung Terus Gulirkan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi Kabupaten Bandung dari sejak terjadi…

6 jam ago