PASPENDIDIKAN

Puluhan Kepsek di Bandung Komitmen Siapkan Pelajar Berakhlak Baik Lewat Program Sekolah Penggerak

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Sebanyak 93 orang pemangku kepentingan pada program sekolah penggerak melakukan penandatanganan komitmen bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Barat, pada Rabu (7/6/23) di Kota Bandung.

Para pemangku kepentingan ini merupakan kepala sekolah SD hingga SMA. Penandatanganan komitmen bersama ini dilakukan pada sebuah spanduk, bertempat di SMP negeri 2 kota Bandung.

Kepala dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar, menilai program ini merupakan program yang sangat bagus dalam menyiapkan para peserta didik menjadi peserta didik berketuhanan yang maha esa dan berprilaku baik.

“Program ini sangat bagus bagaimana menyiapkan para peserta didik yang memiliki jiwa Pancasila. Serta peserta didik yang berketuhanan yang maha esa, berahlak baik, mandiri dan berpikir kritis,” kata Kadisdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar usai kegiatan penandatanganan komitmen bersama di SMP N 2 Bandung, Rabu (7/6/23).

Untuk itu menurut Hikmat kegiatan ini harus didorong oleh pemerintah daerah karena pemerintah daerah merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat.

“Karena pemerintah daerah itu adalah kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. Maka sudah barang tentu pemerintah daerah mengimplementasikan apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat,” jelasnya.

Kota Bandung Miliki Komitmen Tinggi Meningkatkan Mutu Pendidikan

Sementara itu Kepala bagian umum Balai besar penjaminan mutu pendidikan (BBPMP) provinsi Jawa Barat, Mardi Wibowo menilai Kota Bandung memiliki komitmen yang tinggi dalam peningkatan mutu pendidikan. Hal itu dibuktikan komitmen para guru dalam melakukan peningkatan kompetensi secara mandiri dengan memanfaatkan platform merdeka belajar.

“Ada banyak capaian. Para guru ini mengikuti peningkatan kompetensi secara mandiri melalui platform merdeka belajar yang disiapkan oleh Kemendikbudristek,”  kata Mardi Wibowo

Pihak BBPMP Provinsi Jawa mengapresiasi Kota Bandung sebagai salah satu kota peserta program sekolah penggerak. Yakni dengan capaian paling tinggi pemanfaatan platform merdeka belajar.

“Kebetulan Bandung ini salah satu peserta kota dengan capaian pemanfaatan platform merdeka belajar yang cukup tinggi. Ini menunjukkan komitmen para guru yang sangat tinggi untuk meningkatkan kompetensi secara mandiri. Ini perlu diacungkan jempol” ujarnya.

Selain itu, BBPMP Provinsi Jawa Barat mengapresiasi kepala daerah telah membuat regulasi dalam mendukung program sekolah penggerak dari kementerian pendidikan dan kebudayaan ini.

“Komitmen dari pemerintah daerah yang sudah menyiapkan regulasi dukungan terkait pelaksanaan hand over sekolah penggerak dari Kemendikbudristek ke pemerintah daerah,” tuturnya. (fal)

Fal Ulul Ilmi

Recent Posts

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

1 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

2 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

3 jam ago

David da Silva Bakal Main di Laga Madura United Vs Persib Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Angin segar datang bagi Persib Bandung. Sang striker andalan, David da Silva,…

4 jam ago

Usai Hadapi Madura United, Persib Langsung Tancap Gas ke China

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung benar-benar disiksa dengan jadwal padat. Selain tampil di Liga 1…

5 jam ago

Tanggap Darurat Gempa, Pemkab Bandung Terus Gulirkan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi Kabupaten Bandung dari sejak terjadi…

6 jam ago