HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Sosial Berryan Aulia Bahas Pelaksanaan Prinsip New Publik Service Dalam Pelayanan Publik

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Berryan Aulia Umam Jayanegara pada Selasa (27/6/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Sosial ini berjudul Pelaksanaan Prinsip New Publik Service Dalam Pelayanan Publik Aparatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi. Studi Kasus Pembuatan Ijin Mendirikan Bangunan Hotel dan Restoran.

(Foto: ran/pasjabar)

Berryan mengatakan tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelayanan publik aparatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi dalam pembuatan Izin Mendirikan Bangunan Hotel dan Restoran.

“Serta menganalisis prinsip-prinsip pelayanan publik yang dijalankan aparatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi Kota Bekasi dalam pembuatan Izin Mendirikan Bangunan Hotel dan Restoran,” katanya.

Hasil Penelitian

Ia menjelaskan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik aparatur Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi dalam pembuatan Izin Mendirikan Bangunan Hotel dan Restoran masih belum efektif.

“Hal ini disebabkan oleh tidak diterapkannya prinsip-prinsip New Public Service. Pada aspek Serve citizens, not customers, masyarakat masih dianggap pelanggan belum dianggap sebagai warga negara,” jelasnya.

Ia menambahkan pada aspek seek the public interest, masih mengutamakan kepentingan individual. Pada aspek Value citizenship and public service above entrepreneurship, masih mengutamakan kewirausahaan. Pada aspek Think strategically, act democratically, aparatur masih belum berpikir strategis dan belum bertindak demokratis.

Pada aspek recognize that accountability isn’t simple, pemerintah mengakui bahwa akuntabilitas tidak sederhana pada faktanya akuntabilitas dianggap sederhana, cukup ada/membuat laporan.

Pada aspek Serve, rather than steer, aparatur masih sering mengarahkan ketimbang melayani, dan pada aspek Value people, not just productivity, aparatur masih berorientasi pada hasil atau produktivitas.

“Komponen yang harus dikembangkan untuk memperkuat penerapan prinsip New Public Service pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi adalah Transformational Leadership, kebijakan dalam penggunaan aplikasi (digital service), serta sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

(Foto: ran/pasjabar)

IPK Berryan Aulia Umam Jayanegara sebelum sidang terbuka adalah 3.53 dan IPK sidang terbuka 3.74. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Berryan Aulia Umam Jayanegara dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.56 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Berryan Aulia Umam Jayanegara Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

(Foto: ran/pasjabar)

Meski waktu perkuliahan cukup berat, namun menurut Berryan civitas akademika di Pascasarjana Unpas sangat kekeluargaan dan humble.

“Profesor-profesor di sini juga sangat humble dan bersahabat. Saya mendapatkan keluarga baru selain keluarga di rumah dan lingkungan pekerjaan,” katanya.

(Foto: ran/pasjabar)

Berryan berharap dirinya bisa tetap bersilaturahmi dengan civitas akademika di Pascasarjana Unpas.

“Untuk Pascasarjana Unpas ke depan bisa melahirkan lebih banyak Doktor lagi,” harapnya. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Pemkot Bandung akan Tanam 3.000 Pohon untuk Lahan Kritis KBU

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya untuk menghijaukan lahan kritis di Kawasan Bandung…

2 jam ago

ISBI Bandung Gelar Lokakarya Cerita Rakyat Nusantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI Bandung menggelar lokakarya bertajuk "Storytelling Cerita…

3 jam ago

Peserta Raker Paguyuban Pasundan Kunjungi RS Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peserta Rapat Kerja (Raker) Paguyuban Pasundan megunjungi Rumah Sakit (RS) Pasundan di…

4 jam ago

Rakernas 2024, Paguyuban Pasundan DKI Jakarta Soroti Tantangan Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan DKI Jakarta turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas)…

5 jam ago

Paguyuban Pasundan Wilayah Papua Ikuti Rakernas 2024, Dapat Motivasi Jaga Nilai Kesundaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Provinsi Papua untuk pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja…

6 jam ago

Dedi Mulyadi Sampaikan Pembekalan Strategi Budaya Membangun Bangsa di Raker Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, sekaligus Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menyampaikan…

7 jam ago