HEADLINE

Pagelaran Bertajuk “Exulansis” Digelar Mahasiswa PBSI FKIP Unpas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan (FKIP Unpas) menggelar pagelaran sastra bertajuk “Exulansis”. Pagelaran ini sebagai kampanye sosial anti pelecehan dan kekerasan seksual.

Pementasan drama yang digelar di Gedung Kesenian Rumentang Siang, Minggu (2/7/2023) oleh mahasiswa PBSI FKIP Unpas ini mengisahkan tentang keputusasaan korban pelecehan seksual. 

Dilansir dari unpas.ac.id pada Selasa (4/7/2023), sutradara pagelaran Naufal Rachman menyebut, Exulansis  berawal dari kekhawatiran mahasiswa akan maraknya kasus pelecehan seksual. Selain itu, terinspirasi dari lukisan dengan tema yang sama.

“Kami mahasiswa PBSI kelas C angkatan 2020) aktif berdiskusi mengenai situasi sosial yang sedang marak terjadi, salah satunya pelecehan seksual. Kami mengutuk keras tindakan tersebut dan berusaha mengampanyekan/memberantasnya lewat pagelaran sastra,” jelasnya.

Pagelaran sastra Exulansis menampilkan isu sosial yang nyata. Penonton diajak untuk memberikan dukungan kepada korban, tidak menutup mata dan telinga, bahkan menganggap sepele isu pelecehan seksual.

Menurut dosen pengampu mata kuliah Eggie Nugraha, S.Pd., M.Pd., pementasan drama ini menjadi bentuk perlawanan pelecehan seksual, sekaligus puncak apresiasi karya sastra.

Tidak hanya mengambil nilai dari drama yang dipentaskan. Lebih jauh ia berharap mahasiswa mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan, menegakkan keadilan, dan melawan segala tindak pelecehan seksual.

“Sama-sama kita kampanyekan. Sudah tidak zaman lagi adanya perlakuan seksis terhadap perempuan yang seyogianya hak dan kewajibannya harus dilindungi,” pesannya. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

49 menit ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

15 jam ago