HEADLINE

Orasi Ilmiah Prof. Teddy Analisis Strategi Adaptif dalam Perspektif Global

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Prof. Dr. Teddy Hikmat Fauzi, M. Si pada Senin (10/7/2023) telah dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Pasundan. Prof. Teddy menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Adaptive Strategy dalam Perspektif Global”.

Dalam orasi ilmiah ini, Prof. Teddy mengatakan bahwa strategi adaptif diterjemahkan sebagai upaya memisahkan perumusan strategi dan implementasi menjadi dua fase berurutan adalah pendekatan yang tidak representatif dalam lingkungan yang kompleks.

“Cepat berubah karena pendekatan yang lebih dinamis tersebut diperlukan perumusan dan implementasi dalam kerangka proses yang berulang dan interaktif,” katanya.

Ia menjelaskan strategi adaptif adalah pendekatan strategi yang ditandai melalui perencanaan adaptif, adopsi awal, pengembangan evolusioner, perbaikan berkelanjutan dengan respons yang cepat dan fleksibel terhadap perubahan.

Hasil temuan studi menunjukkan bahwa kondisi lingkungan eksternal organisasi dapat digambarkan secara kontinum atas kondisi yang menguntungkan hingga kondisi yang tidak bersahabat. (McGee & Rubach, 1996).

“Kekuatan di luar organisasi yang tidak dapat dikendalikan sehingga perubahan yang terjadi pada lingkungan tersebut akan mempengaruhi kinerja seluruh organisasi,” ucapnya.

Prof. Teddy menyatakan analisis lingkungan eksternal menunjukkan peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Analisis lingkungan eksternal mencakup pemahaman tentang berbagai faktor di luar perusahaan yang mengarah pada munculnya peluang bisnis sebagai faktor yang berada di luar kendali organisasi.

“Faktor ini yang secara keseluruhan memberikan peluang dan ancaman bagi perusahaan untuk mewujudkan visi, misi dan tujuannya. Karena faktor eksternal tidak dapat dikendalikan oleh organisasi tanpa adanya strategi yang tepat sesuai dengan lingkungan yang terus berubah,” jelasnya. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

9 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

10 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

11 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

12 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

13 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

14 jam ago