HEADLINE

Bandung Raya Alami Cuaca Dingin Saat Kemarau, Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Cuaca dingin di wilayah Bandung Raya sudah terjadi selama hampi sepekan. Suhu dingin mencapai 15-19 derajat celsius.

Sejumlah warga yang beraktifitas di berbagai tempat pada hari Jumat (21/7/2023) ini merasakan cuaca lebih dingin dibandingkan hari sebelumnya. Sebagian warga pun mengenakan pakaian tebal atau jaket untuk berpergian pada pagi hari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung memberikan penjelasan terkait fenomena cuaca dingin di Bandung Raya yang mencapai 15 derajat Celsius.

“Perubahan suhu terjadi karena saat ini seluruh wilayah Jabar mulai memasuki musim kemarau. Perubahan tersebut ditandai pada siang hari, di mana udara terasa panas terik hingga mencapai 33 derajat Celsius,” kata PMG Muda BMKG Bandung, Yuni Yulianti.

Sehingga hal itu menurutnya menyebabkan tutupan awan hampir tidak ada serta terasa panas. Sementara pada malam hari, bumi melepaskan energi panas ke angkasa sehingga suhu udara lebih cepat terasa dingin. Terutama di daerah pegunungan serta angin Munson Australia yang bertiup juga memberikan pengaruh.

“Berdasarkan analisis, saat ini rata-rata suhu udara minimum di Kota Bandung tercatat mencapai 18 derajat Celsius,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terjadinya beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul karena suhu udara yang dingin. (uby)

Uby

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

51 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

1 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

2 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

3 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago