HEADLINE

Sidang Doktor Ilmu Manajemen Tete Tejaningsih, Survai Pada Disdukcapil di Priangan Timur

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMProgram Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen, Tete Tejaningsih, yang diselenggarakan di ruang sidang Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera No. 41 Kota Bandung, Selasa (25/7/2023).

Sidang diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU dan juga penyidang yakni Direktur Pascasarjana Unpas Sidang Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi M.Si, dengan anggota Prof. Dr. H. Azhar Affandi, SE. M.Sc, Prof. Dr. H. M. Sidik Priadana. MS, Prof. Dr.H.Sucheriy, SE., MS dengan sssociet Dr. H. Undang Juju, SE.,M dan Prof Dr. H. Juanim, SE.,MSi.

Sidang Disertasi dengan judul  Pengaruh Sistem Operasi Jasa dan Sistem Penyampaian Jasa Terhadap Kualitas Jasa dan Citra Institusi serta Implikasinya pada Kepercayaan Masyarakat (Survey pada Disdukcapil di Priangan Timur) dibimbing oleh Prof. Dr.H.Sucheriy, SE., MS. sebagai Promotor dan Dr. H. Undang Juju, SE., MP. sebagai Ko-Promotor.

Dikatakan Tete, penelitiannya bertujuan untuk mengetahui, memahami, menganalisis, dan mengkaji serta mengukur pengaruh dari sistem operasi jasa, sistem penyampaian jasa, kualitas jasa dan citra institusi serta implikasinya pada kepercayaan masyarakat pada Disdukcapil di Priangan Timur.

Sidang Tete Tejaningsing. (foto : tie/Pasjabar)

“Saya menggunakan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan KTP-el pada Disdukcapil di Priangan Timur yaitu di Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran serta Kota Tasikmalaya dan Banjar,” paparnya usai sidang.

Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional cluster sampling. Kerangka sampel dalam penelitian ini di dasarkan pada data kepemilikan KTP-el pada Disdukcapil di Priangan Timur. Ukuran sampel minimum 5 observasi untuk setiap parameter yang akan ditaksir (5 observasi X 88 parameter) sebanyak 440 responden (Hair et.al dalam Hermayanto 2019:167). Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, wawancara, observasi dan kepustakaan. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Analisis verifikatif menggunakan pendekatan Covariance Based Structural Eguation Model (SEM).

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi sistem operasi jasa dan sistem penyampaian jasa, kondisi kualitas jasa dan citra institusi serta kondisi kepercayaan masyarakat pada Disdukcapil di Priangan Timur berada pada kriteria cukup baik menuju baik.

Sidang Tete Tejaningsing.(Foto : tie/Pasjabar)

“Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari sistem operasi jasa dan sistem penyampaian jasa terhadap kualitas jasa dengan total pengaruh sebesar 74,51 persen, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari sistem operasi jasa dan sistem penyampaian jasa terhadap citra institusi dengan total pengaruh sebesar 69,94 persen serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kualitas jasa dan citra institusi terhadap kepercayaan masyarakat dengan total pengaruh sebesar 82,66 persen,” tuturnya.

Tete yang akhirnya dinyatakan lulusan sebagai doktor ke 385 doktor Ilmu Manajemen Pascarsarjana Unpas meraih IPK sebelum sidang 3,65 dan berdasarkan hasil sidang dinyatakan lulus dengan IPK 3,67 dengan Yudisum sangat memuaskan.

“Saya berharap ilmu saya bisa bermanfaat dan seperti kata pembimbing saya ilmu harus terus digali dan terus bermafaat untuk Pelayanan Publik khususnya,” ungkapnya.

Kadis Dukcapil Kabupaten Ciamis Yayan Muhamad Supyan, AP, S.Ip, MM. memberikan selamat untuk Tete Tejaningsih. (Foto : tie/pasjabar)

Ia juga berharap jika Pascasarjana Unpas semakin baik, karena ia merasakan jika berkukliah di Pascasarjana Unpas sudang sangat memuaskan dengan berbagai fasilitas dan juga dosen yang sangat mempuni dan sangat baik serta ramah untuk mahasiswa.

Sidang Disertasi Tete juga selain dihadiri, rekan, keluarga, kerabat kerja juga dihadiri Kadis Dukcapil Kabupaten Ciamis Yayan Muhamad Supyan, AP, S.Ip, MM. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

29 menit ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

1 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

2 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

3 jam ago

Satu Tahun Beroperasi, Kereta Cepat Whoosh Angkut 5,8 Juta Penumpang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pencapaian signifikan dengan mengangkut 5,8…

3 jam ago

Belantara Foundation dan Jepang Tanam Bibit Pohon Langka di Riau

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Belantara Foundation bersama mitra dari sektor swasta Jepang melaksanakan penanaman bibit pohon…

4 jam ago