PASPENDIDIKAN

Summer Program FPIK Unpad Diikuti 75 Peserta dari 9 Negara

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Summer Program 2023 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (FPIK Unpad) “Exploring Coastal Wanders: A Summer Adventure” diselenggarakan 31 Juli hingga 4 Agustus mendatang.

Dilansir dari unpad.ac.id pada Selasa (1/8/2023), sebanyak 75 peserta dari 9 negara mengikuti acara ini.

Dekan FPIK Unpad Dr. Sc.agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si., berharap melalui program ini, akan tercipta inovasi untuk masa depan dunia yang lebih baik.

“Kami harap melalui program ini semua peserta akan mendapat diskusi mendalam mengenai apa yang akan kita lakukan untuk masa depan perikanan, pesisir, dan kelautan yang lebih baik,” harap Yudi dalam acara pembukaan International Summer Program 2023 FPIK Unpad di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (31/7/2023).

Summer Program FPIK Unpad Fasilitasi Peserta untuk Berdiskusi

Kegiatan ini bukan hanya memfasilitasi peserta untuk berdiskusi, tetapi juga memfasilitasi adanya interaksi sebagai jalan kolaborasi kuat di antara peserta. Yudi juga berharap kegiatan ini dapat menjadi kegiatan pembuka bagi berbagai kegiatan lain bersama Unpad.

“Diharapkan kegiatan ini akan menjadi pengalaman berkesan bagi kita semua,” harap Yudi.

Kegiatan diselenggarakan secara hybrid, yaitu 19 peserta secara luring dan 56 peserta daring. Selain di kampus Jatinangor, kegiatan juga akan diselenggarakan di Pangandaran, meliputi kunjungan ke kawasan konservasi mangrove, KJA apung milik FPIK Unpad, dan konservasi tukik batu hiu, serta melakukan coastal clean up dari Pantai Timur Pangandaran, Karapyak hingga Pantai Babakan.

Kegiatan ini resmi dibuka Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc. Prof. Hendarmawan mengharapkan acara ini membawa banyak manfaat bagi peserta. Mengingat peserta berasal dari berbagai negara dan latar belakang budaya, acara ini dapat mengenalkan berbagai budaya tersebut dan memperkuat kolaborasi antar peserta.

“Tentu saja peserta dapat saling mengenal satu sama lain dan berinetraksi satu sama lain, dan bertukar ide. Kami harap sesuatu ide baru yang inspiratif dapat hadir,” ujar Prof. Hendarmawan.

Acara ini juga menghadirkan pembicara kunci Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi, dan Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi Brigadir Jenderal TNI Kuat Budiman.

Sebagai rangkaian kegiatan hari pertama juga diisi dengan kuliah umum dari Prof. Kazuya Toomiyama dari Kitami Institute of Technology Japan mengenai “The Importance of Infrastructure as a Human Interface”. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Kandaskan Timor Leste dengan Skor 3-1

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia U-20 mengandaskan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 pada laga kedua…

8 jam ago

Yaman akan Menjadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia, setelah Gilas Maladewa 3-0

WWW.PASJABAR.COM -- Dua gol dicetak pemain Yaman di laga Yaman U20 vs Maladewa U20 di…

9 jam ago

Media Gathering PTDI & Kemhan RI: Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Dengan mengusung tema “Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara”, PT Dirgantara Indonesia (PTDI)…

9 jam ago

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

11 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

12 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

13 jam ago