HEADLINE

Ada Cara Belajar Matematika Lebih Asyik dari Alumni FKIP Unpas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Guru Matematika di SD Kuntum Cemerlang, Bandung, Yonan Sutansyah mempunyai cara belajar Matematika yang asyik. Yonan berusaha mengubah stigma Matematika sebagai mata pelajaran yang sulit melalui cara-cara unik.

Dilansir dari unpas.ac.id pada Kamis (3/8/2023), Yonan membuat Matematika jadi lebih menyenangkan. Misalnya, cara belajar matematika yang asyik yaitu menghafal rumus dengan potongan lagu, menyisipkan kuis di tengah proses pembelajaran, tanya jawab, dan metode lainnya.

“Ini salah satu strategi saya agar siswa menyukai pelajaran Matematika. Saya mencoba menciptakan suasana positif di awal pembelajaran, lalu menanamkan pada mereka bahwa Matematika tidak sesulit apa yang dikatakan orang-orang. Semua bisa asal dibawa happy, berikan keyakinan kalau mereka mampu,” terangnya.

Untuk mengantisipasi rasa bosan, alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasundan, 2014 lalu ini selalu memberikan ice breaking dan beragam model pembelajaran. Menurutnya, cara tersebut cukup efektif untuk membangkitkan antusiasme dan semangat anak didiknya.

Di sela kesibukannya di sekolah, Yonan merupakan seorang konten kreator yang penuh talenta. Yonan sering membagikan keseharian dan kedekatan dengan para siswanya di akun Instagram miliknya.

Selain konten pembelajaran dan aktivitas di sekolah, Yonan juga aktif memproduksi konten review kuliner, cover lagu, dan travelling.

Akun Instagram Yonan (@yonansutansyah) bahkan memiliki 44 ribu follower dan terus bertambah setiap harinya.

“Alhamdulillah konten-konten saya mendapat tanggapan positif dari netizen,” tuturnya.

Ia berharap, misinya untuk menghapus stigma Matematika sebagai pelajaran yang sulit dan rumit betul-betul berhasil, sebab siswa diarahkan untuk memahami akar dan prosesnya, tidak langsung pada hasil dan teori.

Tak hanya itu, ia juga ingin menginspirasi rekan sesama guru untuk mengimplementasikan metode pembelajaran yang tepat dan mengasyikkan. Sehingga siswa menikmati pembelajaran di kelas. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

3 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

27 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago