PASPENDIDIKAN

Sebanyak 6.188 Mahasiswa Baru ITS Resmi Dikukuhkan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi mengukuhkan 6.188 orang mahasiswa baru (maba) baik dari jenjang sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4) di Stadion ITS, Senin (7/8/2023) kemarin.

Seluruh mahasiswa baru terlihat antusias melangkahkan kakinya untuk memasuki Stadion ITS. Untuk lebih menghidupkan suasana dan menumbuhkan rasa bangga di hati masing-masing maba, pemandu acara terus menggemakan nama fakultas-fakultas di ITS yang disambut dengan tepukan riuh dan teriakan semangat dari para maba.

Tak hanya itu, dihadirkan juga berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ITS yang bertalenta. Mulai dari UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS, ITS Archery (Panahan), dan Pencak Silat Setia Hati Teratai (PSHT)

Dilansir dari its.ac.id, turut dihadirkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim BA MBA untuk memberikan sambutan secara virtual.

Dalam sambutannya, Nadiem menekankan bahwa menjadi mahasiswa berarti menjadi orang yang memiliki kreativitas tinggi dan menjadi ujung tombak kemajuan Bangsa Indonesia.

“Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa akan memiliki wadah untuk meraih cita-citanya,” ujarnya memotivasi.

Selanjutnya, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Prof Dr Ir KH Mohammad Nuh DEA mengatakan, menjadi mahasiswa ITS merupakan salah satu anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa karena tidak semua calon mahasiswa memiliki kesempatan diterima di ITS. Ia juga menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa ITS tentu memiliki tanggung jawab yang besar. Yakni menjadi pembelajar sejati.

“Pembelajar sejati dibutuhkan oleh seluruh mahasiswa karena persoalan ke depan akan semakin rumit,” tandasnya mengingatkan.

Tidak hanya Ketua MWA, Ketua Senat Akademik ITS Prof Dr Syafsir Akhlus MSc turut meyakinkan para maba dan juga orang tua maba yang menyaksikan siaran langsungnya melalui kanal Youtube ITS TV.

“ITS siap menyediakan lingkungan pembelajaran yang bermutu dan komprehensif,” tegasnya memastikan.

ITS Berhasil Tingkatkan Lingkungan Heterogen

Sementara itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng dalam sambutannya menuturkan, ITS berhasil meningkatkan lingkungan yang heterogen, di mana ITS menerima mahasiswa dari 33 provinsi yang ada di Indonesia.

Dalam data yang dipaparkan, selain Jawa Timur, provinsi asal mayoritas maba yang diterima oleh ITS adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan berbagai daerah lainnya.

Mendengar seruan dan sambutan yang penuh semangat dari segenap sivitas akademika ITS, Ashari berharap seluruh maba 2023 dapat bersinergi bersama. Demi meningkatkan citra positif Kampus Pahlawan ini.

Ia juga berharap kepada seluruh sivitas akademika ITS untuk senantiasa membimbing seluruh maba. Sehingga menjadi generasi unggul menunjang generasi emas Indonesia 2045. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Ledia Hanifa: Kenaikan Biaya UKT Sebagai Langkah Sembrono, Tidak Solutif dan Tidak Nyambung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Melihat keluhan dan penolakan atas kenaikan biaya UKT di berbagai kampus negeri…

5 jam ago

Persib Dipastikan Tampil di Final Liga 1

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung melenggang ke final Liga 1 2023/2024. Kepastian itu didapatkan setelah…

5 jam ago

Cegah Pengangguran Karena Lonjakan Penduduk Paska Lebaran, DPRD Kota Bekasi Minta Pemkot Mendata Penduduk Baru

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Moment mudik Lebaran 2024 memang sudah berakhir. Namun, permasalah kependudukan biasanya terjadi…

9 jam ago

Seminar Nasional Hima Pendidikan Biologi FKIP Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Himpunan mahasiswa Pendidikan biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan (Hima…

11 jam ago

Marak Aksi Tawuaran Antar Remaja, DPRD Kota Bekasi Beri Perhatian

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kenakalan remaja di Kota Bekasi sudah masuk kategori darurat, jadi bom waktu…

11 jam ago

Rektor Unpas Ingin Lulusan Miliki Sertifikasi Kompetensi

*)Sebanyak 1241 Mahasiswa Unpas Dilantik Menjadi Sarjana BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM –  Rektor Universitas Pasundan (Unpas) Prof.…

12 jam ago