PASJABAR

Bendera PDI Perjuangan Dibakar Saat Bela Rocky Gerung, Begini Respon Partai

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menggelar audiensi dengan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Jawa Barat untuk membahas berbagai hal. Salah satunya terkait kejadian pembakaran bendera PDI Perjuangan saat aksi unjuk rasa membela Rocky Gerung di Jakarta pada hari Jumat (4/8/2023) lalu.

Dalam audiensi nya dipimpin langsung Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono didampingi Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman. Ono menyampaikan bahwa PDI Perjuangan mesti menjadi partai yang taat hukum dan taat azas. Sehingga adanya kasus pembakaran bendera PDI Perjuangan di Jakarta beberapa waktu lalu tak terlalu meresponnya secara arogan, melainkan PDIP senantiasa menempuh jalur hukum.

“Kami bersepakat bahwa pelaku (pembakaran bendera PDI Perjuangan) itu adalah oknum. Tentu kami menyesalkan perbuatan oknum itu. Khususnya di Jabar kami akan melakukan langkah-langkah dari PDIP bersama HMI untuk membuka ruang diskusi, dialog, dan bedah berbagai permasalahan di Jabar bahkan nasional,” katanya di kantor DPD PDI Perjuangan Jabar, Jumat (11/8/2023).

Ono berharap kejadian pembekaran bendera PDI Perjuangan itu menjadi yang pertama dan terakhir.

“Kami sikapi tentunya secara arif dan tak akan membalas apapun peristiwa itu. Kami sebagai partai pemenang dua kali berturut-turut ingin membuat langkah yang dapat membuat situasi kondisi adem,” katanya.

Selain itu, Ono pun berharap kasus pembakaran tersebut tak sampai masuk ke ranah hukum. Serta perlu adanya tindakan terhadap oknum tersebut lantaran telah mencederai HMI sebagai organisasi kepemudaan.

Ketua Bako HMI Jabar, Firman Nasution mengaku kedatangan mereka ke DPD PDI Perjuangan Jabar untuk bersilaturahim dan mendapatkan sambutan hangat dari jajaran PDI Perjuangan Jabar.

“Kami bahas beberapa hal. Ada kesamaan perjuangan antara kami dengan PDI Perjuangan yakni nasionalisme. Ke depan kami akan membuat kegiatan bersama untuk penguatan nasionalisme di Jabar,” katanya.

HMI Jabar Sesalkan Pembakaran  Bendera

Terkait pembakaran bendera PDI Perjuangan oleh oknum HMI, Firman mengaku menyesalkan itu dan HMI Jabar katanya, bakal membahas sekaligus memberikan sosialisasi yang benar kepada kader HMI.

“Bagaimana pun kami organisasi mahasiswa yang berintelektual. Tentu tindakam oknum itu mencederai organisasi kami. Semoga ke depannya tak terjadi hal serupa. Tentu, sanksi ada bagi oknum itu, namun karena kejadiannya di Jakarta maka itu bukan ranahnya kami. Yang jelas, kami bakal membuat agenda bersama dengan PDI Perjuangan Jabar agar tak terjadi keretakan apalagi sampai dikait-kaitkan dengan pemilu,” ungkapnya. (rif)

Budi Arif

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

12 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

12 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago