PASBANDUNG

Ketan Bakar Berbentuk Gedung Sate, Pecahkan Rekor di Hari Kemerdekaan

ADVERTISEMENT

Bandung, WWW.PASJABAR.COM – Memeriahkan hari ulang tahun ke 78 Republik Indonesia, Indonesian Chef Association, Kabupaten Bandung Barat, mencetak rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan membuat makanan tradisional Ketan Bakar Lembang berbentuk Gedung Sate.

Sebanyak 2.023 potong ketan bakar siap saji disusun menjadi miniatur Gedung Sate, pemecahan rekor melibatkan 78 orang yang terdiri dari chef professional, akademisi, praktisi kuliner, pelajar dan pelaku UMKM Ketan Bakar Lembang.

Pembuatan rekor baru ketan bakar lembang terbanyak ini bertujuan mengangkat pamor makanan khas asli Bandung Barat, selain itu kuliner Ketan Bakar Lembang diharapkan menopang keberlangsungan pariwisata kuliner di Kab Bandung Barat, sekaligus menjaga tradisi lokal yang telah ada sejak lama.

Bersamaan dengan momen HUT ke-78 RI, sebanyak 2023 ketan bakar khas Lembang berbentuk kotak dengan topping oncom dan serundeng berhasil dibuat dan disajikan pada miniatur Gedung Sate, dipilihnya miniatur Gedung Sate karena hari ini bertepatan dengan hari jadi Jawa Barat dan HUT ke-78 RI,  sehingga dibuat 2023 ketan bakar dan melibarkan 78 orang dalam pengolahannya.

Untuk menciptakan rekor baru Ketan Bakar Lembang berbentuk Gedung Sate, dibutuhkan bahan baku utama beras ketan sebanyak 2 kwintal, oncom 40 kilogram, kacang 40 kilogram dan serundeng 30 kilogram dengan proses waktu dua hari. (Uby)

Uby

Recent Posts

David da Silva Bakal Main di Laga Madura United Vs Persib Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Angin segar datang bagi Persib Bandung. Sang striker andalan, David da Silva,…

35 menit ago

Usai Hadapi Madura United, Persib Langsung Tancap Gas ke China

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung benar-benar disiksa dengan jadwal padat. Selain tampil di Liga 1…

2 jam ago

Tanggap Darurat Gempa, Pemkab Bandung Terus Gulirkan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi Kabupaten Bandung dari sejak terjadi…

3 jam ago

Pemkab Bandung Terus Optimalkan Penanganan Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus fokus dan mengoptimalkan penanganan bencana gempa yang…

4 jam ago

Fluktuasi Harga Pangan: Beras SPHP Turun, Cabai Merah Keriting dan Telur Naik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat adanya fluktuasi harga pada beberapa komoditas pangan…

5 jam ago

Dimas Drajad, Idola Baru Bobotoh Persib yang Menggila

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dimas Drajad kini menjelma jadi idola baru bagi Bobotoh Persib. Sebab, penyerang…

6 jam ago